visitaaponce.com

Pengolahan Sampah Legok Nangka Dikelola Jepang, Usung Konsep Waste to Energy

Pengolahan Sampah Legok Nangka Dikelola Jepang, Usung Konsep Waste to Energy
Foto udara Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Legok Nangka.(Antara)

KONSORSIUM asal Jepang, Sumitomo Hitachi Zosen ditunjuk sebagai pemenang lelang untuk mengelola Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka di Nagrek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Alhamdulillah setelah 6 tahun proses panjang, koordinasi kode lima daerah, koordinasi dengan pusat, tarik ulur sana-sini, akhirnya di hari ini kita umumkan Sumitomo dari Jepang adalah pemenang proyek west to energy," ucap Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Padalarang, Bandung Barat, Rabu (9/8).

Ridwan Kamil mengklaim tidak terlibat langsung dalam proses penunjukan lelang pengadaan pengelola TPPAS Legok Nangka karena seluruhnya sudah diurus tim profesional. "Saya tidak 'cawe-cawe', tidak ikutan apapun. Menyerahkan prosesnya pada tim profesional menseleksi," katanya.

Baca juga : Sampah Menggunung Lagi di Kota Bandung

Meski susah ditunjuk pengelolanya, dirinya belum bisa memastikan kapan TPPAS Legok Nangka akan mulai beroperasi. Namun hampir dipastikan tidak akan dilakukan pada periode lima tahun pertama Ridwan Kamil memimpin Jawa Barat.

Pasalnya, masa jabatannya bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum akan berakhir pada September mendatang. "Belum sampai ground breaking, pokoknya mah di jaman saya pengumuman ground breaking oleh Pj (Penjabat Gubernur Jabar). Secepatnya, saya belum tahu nanti Pj yang melakukan, kan PJ-nya sudah tahu siapa-siapa," ucapnya.

Baca juga : TPA Piyungan Ditutup Sementara, Yogyakarta Dikepung Sampah

Setelah TPPAS Legok Nangka dioperasikan, ia melanjutkan, TPA Sarimukti akan dijadikan sebagai TPA penunjang dan masih akan menjadi bagian Legok Nangka.

Dirinya berharap konsorsium asal Jepang itu bisa mengelola permasalahan sampah di wilayah Bandung Raya agar bisa teratasi, bahkan naik kelas. Sebab, nantinya sampah akan dikelola menggunakan teknologi canggih.

"Kita doakan urusan persampahan regional kita naik kelas sebagai bangsa dan wilayah, tidak lagi ngurus secara konvensional tapi sudah canggih seperti di Jepang. Karena pemenangnya pun adalah perusahaan Jepang. Kalau ini berhasil insya Allah akan membawa contoh ke tempat-tempat lain," ungkapnya.

Sebagai informasi, Sumitomo Hitachi Zosen merupakan bagian dari Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) atau Badan Kerja Sama Internasional milik pemerintah Jepang. Nantinya konsorsium asal Jepang itu akan mengelola sampah di TPPAS Legok Nangka dengan konsep waste to energy. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat