visitaaponce.com

Ratusan Ribu Pelancong Diperkirakan Hadiri Festival Arak-arakan Cheng Ho Semarang

Ratusan Ribu Pelancong Diperkirakan Hadiri Festival Arak-arakan Cheng Ho Semarang
Dierpkirakan ratusan ribu wisatan lokal dan manca negara akan hadir dalam arak-arakan Cheng Ho di Kota Semarang, akhir pekan ini.(MI/Haryanto Mega)

ARAK-ARAKAN Cheng Ho dari Kenteng di Gang  Tay Kak Sie di Gang Lombok menuju ke Klenteng Sam Poo Kong di Kedongbatu, Kota Semarang Sabtu (19/8), diperkirakan akan mendatangkan ratusan ribu wisatawan, dari dalam kota maupun luar daerah, bahkan luar negeri.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu akan hadir pada puncak festival dalam rangka napak tilas kedatangan Laksamana Cheng Ho ke Semarang 618 tahun lalu.

Pada arak-arakan Cheng Ho yang sudah menjadi agenda tahunan tersebut. Kegiatan intinya adalah kirab membawa patung Dewa dari Klenteng Tay Kak Sie Gang ke Klenteng Sam Poo Kong dengan iringan musik serta kesenian perpaduan budaya Jawa dan Tionghoa.

Baca juga: Ganjar Harap Jateng Anniversary Run 2023 Cetak Bangsa yang Sehat

Humas Humas Klenteng Sam Poo Kong Anandita mengatakan kegiatan sudah dimulai pada Senin (14/8) dan Selasa (15/8) ini yakni digelar sembahyangan. Kemudian bakti sosial dihadiri langsung Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu.

Dalam rangkaian festival Arak-arakan Cheng Ho ini, lanjut Anandita, beberapa pertunjukan  di antaranya Barongsai Tonggak Naga, Barongsai Damai, Tari tarian dari kelompok sendratari, pesta kembang api. Tidak hanya itu, kegiatan ini dimeriahkan band lokal dan artis nasional Clarisa Dewi.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Ekosistem Ekonomi Kreatif untuk Sambut Wisatawan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang Wing Wiyarso mengatakan kegiatan Festival Arak-arakan Cheng Ho ini diperkirakan akan dihadiri ratusan ribu wisatawan baik lokal, luar daerah hingga mancanegara. "Biasanya, banyak turis dari Singapura, Cina dan lainnya yang hadir dalam festival ini," tambahnya.

Bulan berikutnya, kata Wing, Kota Semarang menggelar Festival Kota Lama. Pada festival ini diperkirakan akan lebih meriah sehingga kedatangan pelancong di daerah ini terus meningkat.

Wing mengungkapkan pada 2023, Semarang mentargetkan kedatangan pelancong hingga 7,3 juta orang. Target ini cukup realistis karena pada Juni - Desember 2022 jumlah wisatawan tercapai 5,2 juta orang.

Sejumlah event wisata digelar tahun ini yang memicu perningkatan wisatawan. Di samping perkembangan tempat wisata yang ada terus meningkat, perhotelan dan kuliner di ibukota Jawa Tengah ini sangat ramai pengunjung setiap harinya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat