visitaaponce.com

Gempa Berkekuatan 4,0 Magnitudo Dirasakan di Lombok Utara dan Lombok Timur

Gempa Berkekuatan 4,0 Magnitudo Dirasakan di Lombok Utara dan Lombok Timur
Lombok Utara dan Lombok Timur mengalami gempa berkekuatn 4,4 Magnitudo.(Dok.MI)

PADA Minggu (20/8) pukul 10.52.32 WITA, wilayah Lombok Utara dan Lombok Timur diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempabumi ini berkekuatan magnitudo 4,0. Episenter terletak pada koordinat 8,26° LS; 116,42° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 30 km timur laut Lombok Utara, NTB pada kedalaman 10 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di darat.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar," kata dia.

Baca juga : BNPB: Warga Kota Bima Rasakan Guncangan Gempa Magnitudo 5,7

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Utara dan Lombok Timur III MMI, Lombok Barat II MMI .

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami, " jelas Daryono.

Hingga Minggu, 20 Agustus 2023 pukul 11.11 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat