visitaaponce.com

Stok Beras di Merangin Cukup dan Aman

Stok Beras di Merangin Cukup dan Aman
Ilustrasi stok beras. Pekerja merapikan karung berisi beras di Gudang Perum Bulog Kanwil Jambi, Pasir Putih, Jambi, Kamis (24/2/2022).(ANTARA/WAHDI SEPTIAWAN)

MESKI sejumlah lumbung pangan mengalami gagal panen akibat kemarau, namun stok beras untuk Kabupaten Merangin, Jambi dalam kondisi cukup dan aman.

"Alhamdulillah menghadapi musim kemarau ini stok beras untuk Kabupaten Merangin masih ada sekitar 1.200 ton baik itu beras medium maupun beras premium. Ini artinya stok masih aman tiga sampai empa bulan ke depan," ujar Bupati Merangin H Mashuri usai mengecek persediaan beras di Gudang Bulog Sarko, kemarin.

Dikatakan Mashuri, selain itu saat ini juga ada tambahan stok beras yang dalam perjalanan menuju Gudang Bulog di Merangin. "Jika nanti terjadi lonjakan harga beras karena memasuki musim kemarau, kita sudah siap langsung menggelar operasi pasar, guna menekan harga beras tersebut," terang Bupati.

Baca juga: Realisasi Beras SPHP di Bulog Malang Capai 5 Ribu Ton

Sementara Kepala Bulog Sarko Darul menjelaskan, untuk saat ini sesuai program stabilisasi harga pangan untuk tebus harga di Bulog per kilogram Rp8.600. Sedangkan harga eceran tertinggi di pasaran Rp9.950 per kilogram.

Dijelaskan Darul, stok beras itu yang ada merupakan beras impor yang dibeli dari Vietnam dan Thailand. Sedangkan yang beras lokal dari Lampung dan Jawa. Darul menyebutkan, untuk beras premium masih dijual perkilogramnya Rp13 ribu.

Baca juga: Puluhan Ribu Ton Beras Sudah Digelontorkan Bulog Cirebon ke Pasar

"Untuk beras premium ini kita ada kemasan lima kilo. Jadi masyarakat jangan khawatir akan terjadi kelangkaan beras," beber Darul. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat