visitaaponce.com

Puluhan Ribu Ton Beras Sudah Digelontorkan Bulog Cirebon ke Pasar

Puluhan Ribu Ton Beras Sudah Digelontorkan Bulog Cirebon ke Pasar
Bulog menggelontorkan beras medium seharga Rp9.450 per kg ke pasar-pasar tradisional dalam operasi pasar (OP).(MI/Lilik Darmawan)

PULUHAN ton beras digelontorkan Bulog Cirebon dalam program Stabilitas Pangan dan Harga Pangan (SPHP). Penggelontoran ini bahkan langsung menyentuh masyarakat.

Pemimpin Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, Imam Firdaus Jamal, menjelaskan selama Agustus 2023 ini pihaknya sudah menggelontorkan sebanyak 1.800 ton beras ke pasaran.

"Penyaluran ini sebenarnya sudah kami lakukan sejak Januari 2023 lalu di seluruh wilayah kerja Bulog Cirebon," tutur Imam, Selasa (29/8).

Baca juga : Perum Bulog Banyumas Gelontorkan Ratusan Ton Beras SPHP ke Pasar Tradisional

Adapun wilayah kerja Bulog  Cirebon meliputi Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

Namun saat ini penyaluran beras program SPHP semakin diintensifkan. Ada pun total penyaluran beras yang sudah dilakukan mulai Januari hingga Agustus 2023 mencapai 24.600 ton.

Baca juga : Bulog akan Luncurkan Beras Kemasan 1 Kg dengan Harga Rp9.450

Penyaluran beras program SPHP dilakukan melalui saluran pengecer. "Melalui pedagang di pasar maupun melalui outlet binaan kita, RPK (Rumah Pangan Kita)," tutur Imam.

Dengan penyaluran melalui RPK diharapkan bisa mendekatkan beras dari Bulog ke masyarakat. Dalam waktu dekat, alokasi untuk pedagang di pasar juga akan diperbanyak. Sehingga masyarakat mendapat alternatif pilihan beras untuk dikonsumsi.

Ada pun beras yang dijual merupakan beras jenis medium dengan harga tebus di gudang Rp 8.300 per kilogram. Pedagang diimbau untuk menjual beras seharga Rp 9.450 per kilogram.

"Walaupun memang HET yang berlaku saat ini Rp 10.900 per kilogram," tutur Imam.

Selain program SPHP, Bulog Cirebon juga akan menyiapkan beras untuk gerakan pangan murah yang biasanya digelar oleh pemerintah daerah. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat