visitaaponce.com

Harga Beras Kian Naik, Relawan SandiUno Inisiasi Sembako Murah di Sidoarjo

Harga Beras Kian Naik, Relawan SandiUno Inisiasi Sembako Murah di Sidoarjo
Bazar Tebus Sembako Murah di Sidoarjo(Dok. Relawan Sandi Uno)

KENAIKAN harga beras tengah dirasakan rakyat kecil. Hal itu mendorong Relawan Sandi Uno meluncurkan program Tebus Sembako Murah bagi ratusan warga Sidoarjo, Jawa Timur. 

Ketua Gerbong SandiUno Sidoarjo, Joko Dwitanto mengatakan program itu hadir untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, serta memberikan solusi harga beras dan minyak goreng yang dapat ditebus sebesar Rp15 ribu.

Mayoritas pembeli tebus sembako murah ialah para ibu rumah tangga yang tidak berpenghasilan, dengan begitu kenaikan harga beras membuatnya memutar otak dalam membagi kebutuhan pokok setiap hari.

Baca juga : Harga Naik, Relawan Sandi Uno Gelar Bazar Tebus Murah Bahan Pokok

"Kami membantu meringankan beban mereka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, terutama sembako. Kehadiran kami memberikan solusi, itulah salah satu fungsi dengan ide gagasan. Beras semakin hari melambung tinggi, semoga kedepannya bisa menekan seluruh kebutuhan bahan pokok, masyarakat bisa menikmati harga murah dan kualitas yang bagus," kata Joko.

"Cukup membayar hanya Rp15 ribu bisa membawa pulang beras premium 3kg dan minyak goreng 1liter, itu sudah jauh lebih murah dari harga di pasaran," sambungnya.

Baca juga : Relawan Caleg DPR dari PPP Gelar Pasar Murah Sembako 

Joko mengakui program sembako murah ini paling diutamakan bagi warga. Selain itu, ia juga memberikan pelatihan kewirausahaan kepada ibu-ibu sebagai bentuk memupuk semangat berwirausaha untuk menghasilkan pendapatan ekonomi.

"Khusus untuk program sembako murah berkelanjutan, sampai harga pokok stabil kami akan lakukan. Kemudian kita juga memberikan kegiatan kewirausahaan, tidak hanya memberi ikannya tapi diberikan juga kailnya, mulai dari pelatihan didampingi, pemasarannya, bahkan sampai akses permodalan dibantu, sehingga ada nilai tambah yang menghasilkan pendapatan ekonomi keluarga," ujar Joko.

Joko bersama kelompok relawan konsisten merespon keluhan masyarakat sesuai ke wainginan dan skillnya, yakni diadakannya pelatihan di berbagai Kabupaten/Kota.

Sementara itu, salah seorang pembeli sembako, Titis (38), menyampaikan keluhan harga beras yang biasanya Rp50 ribu sudah dapat 5kg sekarang hanya dapat 3kg. Dengan demikian, ia merasakan bantuan langsung Sandiaga Uno dan berharap akan ada program lanjutan seperti pelatihan untuk ibu rumah tangga.

"Beban saya rasakan, biasanya harga beras Rp10 ribu sekarang menjadi Rp16 ribu. Program ini membantu sekali, senang sekali berharap ada lagi dan juga diadakan pelatihan bagi ibu rumah tangga yang bisa menghasilkan cuan, nantinya bisa membantu ekonomi keluarga," jelas Titis. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat