visitaaponce.com

KPA Klaten Gelar Sosialisasi Waspada Perilaku LGBT Remaja

KPA Klaten Gelar Sosialisasi Waspada Perilaku LGBT Remaja
Ilustrasi.(Dok MI.)

KOMISI Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menggelar sosialisasi HIV (human immunodeficiency virus) dan kewaspadaan perilaku lesbian, gay, biseksual, transgender (LGBT). Kegiatan sosialisasi yang diadakan di Pendapa Kabupaten Klaten, Selasa (3/10), diikuti para guru bimbingan konseling (BK) tingkat SMA sederajat dan pondok pesantren yang ada di Klaten.

Tujuan kegiatan sosialisasi HIV dan kewaspadaan perilaku LGBT, kata Sekretaris KPA Kabupaten Klaten Rony Roekmito, sebagai antisipasi perilaku LGBT di kalangan remaja, terutama pelajar. "Kasus LGBT di Klaten meningkat. Berdasarkan identifikasi, kasus gay atau lelaki seks dengan lelaki (LSL) di Klaten meningkat 100% menjadi 146 kasus sejak kali pertama ditemukan," jelasnya.

Kasus gay sebanyak itu, menurut Rony, baru berdasarkan temuan kasus HIV. Masih banyak perilaku LGBT di Klaten yang belum teridentifikasi, terutama di kalangan remaja.

Baca juga: Sambut HUT Humas Polri, Polres Klaten Gelar Bakti Kesehatan Donor Darah

Kalangan remaja lebih berpotensi terpapar perilaku LGBT. Hal ini didukung perkembangan teknologi informasi, seperti Michat, Hornet, Walla, dan Grindr, sehingga akses semakin terbuka.

"Silakan cek HP siswa. Jangan-jangan ada aplikasinya. Sangat memungkinkan ada media lain atau aplikasi yang digunakan. Anak didik kita itu harus diwaspadai," ujar Sekretaris KPA Klaten.

Baca juga: Harga Tinggi, Pedagang Beras di Klaten Keluhkan Penjualan Sepi

Untuk menanggulangi perilaku LGBT, perlu upaya yang dilakukan mulai dari sisi agama, keluarga, hingga pendidikan. Pemahaman risiko seks menyimpang dan risiko tertular HIV/AIDS juga perlu ditekankan.

"Deteksi awal perilaku LGBT, dimungkinkan karena gaya hidup, selain meniru penampilan figur publik di media. Oleh sebab itu, awasi anak didik serta berikan pendampingan dan edukasi yang tepat," ujarnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat