visitaaponce.com

Bandara Juanda Catat Pertumbuhan Penumpang 35 di Triwulan 3

Bandara Juanda Catat Pertumbuhan Penumpang 35% di Triwulan 3
Para penumpang pesawat di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (5/10).(MI/HERI SUSETYO)

JUMLAH penumpang di Bandara Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengalami pertumbuhan 35,26 persen pada triwulan III tahun ini. Selama periode Januari hingga September 2023, jumlah penumpang di Bandara Juanda mencapai 10.428.210 orang. Angka itu naik 35,36 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

"Pada Triwulan III ini jumlah penumpang meningkat jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 7.709.605 penumpang," kata General Manager Bandara Juanda Sisyani Jaffar, Kamis (5/10).

Seiring kenaikan jumlah penumpang, untuk pergerakan pesawat pada periode itu juga mengalami kenaikan. Pada periode itu ada 71.896 pergerakan pesawat atau meningkat 28,47 persen. Periode yang sama tahun 2022 ada 55.964 pergerakan pesawat. 

Berbeda dengan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat yang mengalami kenaikan, Sisyani menambahkan untuk kargo justru cenderung stabil. 

Bahkan untuk kargo terjadi penurunan sedikit, yaitu -1,76 persen atau sebesar 50.548.241 kilogram yang dibandingkan periode sebelumnya sebesar 51.451.493 kilogram.

Menurut Sisyani jumlah penumpang yang dilayani masih didominasi penumpang penerbangan domestik. Namun penerbangan internasional jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami kenaikan yang signifikan. 

Penerbangan internasional di Januari hingga September tahun ini mengalami kenaikan sebesar 211 persen untuk jumlah penumpang. Jumlah penumpang internasional mencapai 1.514.236 orang untuk periode hingga September 2023, sedangkan pada periode tahun sebelumnya mencapai 486.662 orang. 

Tidak hanya itu, jumlah pesawat penerbangan internasional juga mengalami peningkatan sebesar 186 persen jika dibandingkan periode tahun sebelumnya. Dimana pada periode saat ini mencapai 9.157 pergerakan pesawat, sedangan pada periode tahun lalu mencapai 3.193 pergerakan pesawat.

Untuk mengantisipasi terus naiknya jumlah penumpang tersebut serangkaian upaya telah dilaksanakan, di antaranya yang terbaru adalah pengaktifan Terminal Kedatangan T1A. 

"Sejak pertengahan tahun ini, kami membuka Terminal Kedatangan T1 A guna menambah kenyamanan bagi para pengguna jasa Bandara. Hal tersebut merupakan salah satu respon kami mengingat tren positif pertumbuhan jumlah penumpang, sehingga diharapkan dengan terus meningkatnya jumlah penumpang, fasilitas kami pun lebih dari cukup untuk melayani kebutuhan para pengguna jasa," kata Sisyani Jaffar. (Z-6) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat