visitaaponce.com

PLN UP 3 Pematang Siantar PastikanSiaga Hadapi Cuaca Ekstrem

PLN UP 3 Pematang Siantar Pastikan Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem
PT PLN UP3 Pematang Siantar siap menyelesaikan gangguan jaringan kelistrikan.(MI/Apul Iskandar)

DI tengah cuaca ekstrem di Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun sekitarnya, PT PLN (Persero) UP3 Pematang Siantar memastikan selalu siap dan sigap dalam melakukan pemulihan kembali jika terjadi gangguan jaringan kelistrikan.

Gangguan yang terjadi belakangan di antaranya tiang yang tumbang tertimpa pohon dan komponen jaringan distribusi yang rusak akibat sambaran petir dan komponen yang aus.

"Antisipasi terhadap kejadian yang sifatnya force majeure seperti cuaca ekstrem yang tidak dapat diprediksi maupun gangguan lainnya rutin dilakukan antara lain dengan melakukan pemangkasan pohon yang berpotensi menyebabkan gangguan listrik maupun pemeliharaan komponen jaringan listrik yang berpotensi menyebabkan gangguan penyaluran," kata Manager PLN UP 3 Pematang Siantar Hasudungan Siahaan, Rabu (11/10).

Baca juga: Gandeng Elektrika Nusantara, PLN Sulap Limbah Sawit Jadi Co-Firing Biomassa

Hasudungan mengimbau masyarakat ataupun pihak lainnya untuk tidak menanam pohon di sekitar jaringan listrik maupun di bawah jaringan listrik. Pasalnya penenaman itu sangat berbahaya terhadap keselamatan manusia yang ada di sekitarnya dan membahayakan instalasi jaringan listrik.

"Selain itu diimbau juga untuk tidak mendirikan bangunan mendekati jaringan listrik , memasang baliho atau spanduk pada tiang listrik, serta agar tidak bermain layangan di daerah yang di lintasi jaringan listrik," ajaknya.

Baca juga: Transisi Energi Terhambat Harga Gas, PLN Kesulitan

Apabila masyarakat mengalami dampak terjadinya listrik padam, dia berpesan untuk segera melaporkan ke kontak center 123 atau melalui aplikasi PLN Mobile.

"Upaya  untuk meningkatkan keandalan jaringan listrik selalu dilakukan oleh UP3 Pematang Siantar agar kebutuhan listrik  untuk masyarakat tidak terganggu," tandasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat