visitaaponce.com

Gandeng Pemprov Lampung, Kimia Farma Kembangkan Program Warung Sehat

Gandeng Pemprov Lampung, Kimia Farma Kembangkan Program Warung Sehat
Kimia Farma Apotek dan Pemprov Lampung berkolaborasi dalam launching Warung Sehat di Lampung Timur, Kamis (12/10).(Ist)

PT Kimia Farma Apotek (KFA) dan Pemerintah Provinsi Lampung (Pemprov Lampung) berkolaborasi dalam launching Warung Sehat dan Program Aplikasi Sehat Berjaya di Desa Raman Endra, Kecamatan Raman Utara. Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung pada Kamis (12/10),.

Warung Sehat yang di-launching adalah toko obat milik BUMDes yang bekerja sama dengan KFA untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam memperoleh produk kesehatan.

Acara ini dihadiri Gubernur Provinsi Lampung, Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Direktur Perencanaan Teknis Pengembangan Ekonomi & Investasi Desa Daerah Tertinggal & Transmigrasi Kementerian Desa PDTT RI, Bupati Lampung Timur, dan jajaran Direksi KFA, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama terkait Pemerintah Pemprov Lampung maupun Kabupaten Lampung Timur, serta tamu undangan lainnya.

Baca juga: Kimia Farma Semakin Perkuat Posisinya sebagai Ritel Produk Kesehatan

Pada kesempatan ini turut dilakukan penandatangan nota kesepahaman dan beberapa perjanjian kerjasama antara lain pengembangan gerai Warung Sehat di Provinsi Lampung dalam kerja sama pengelolaan perbekalan kefarmasian antara KFA dan RSUD Abdul Moeloek, kerja sama Mitra Warung Sehat Binaan Kimia Farma, dan kerja sama layanan kesehatan masyarakat melalui link Sehat Berjaya.

Perluas Layanan Kesehatan 

Direktur Utama KFA, Agus Chandra, menyampaikan bahwa dalam launching Warung Sehat ini bertujuan untuk perluasan jangkauan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, pemberdayaan UMKM serta pemerataan layanan kesehatan.

“Tujuan kami sebagai bagian dari BUMN Holding Farmasi adalah sesuai arahan dari Kementerian BUMN kami harus memberdayakan masyarakat dan melakukan pemerataan pelayanan kesehatan di manapun berada, supaya masyarakat Indonesia selalu sehat,” kata Agus

Agus Chandra juga mengungkapkan bahwa launching Warung Sehat ini merupakan kerjasama yang pertama kali dengan Pemerintah Provinsi di Indonesia. Ia berharap, Program Warung Sehat ini bisa direplikasikan ke seluruh Indonesia.

“Kami memilih Lampung sebagai launching yang pertama di Indonesia dan kami harapkan dapat menjadi percontohan bagi desa-desa yang ada di seluruh Indonesia,” ucap Agus.

Baca juga: Kimia Farma Fokus Jaga Pertumbuhan yang Solid Tahun Ini

Warung Sehat Binaan Kimia Farma ini juga terintegrasi dengan Link Sehat Berjaya milik Pemprov Lampung melalui Dinas PMDT dan Dinas Kesehatan.

Link Sehat Berjaya merupakan layanan berbasis web yang disediakan Pemprov Lampung untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat desa di Provinsi Lampung.

Adapun beberapa fitur Kantor Pusat layanan dari Link Sehat Berjaya seperti konsultasi kesehatan melalui live chat yang terintegrasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten dan Puskesmas setempat.

Baca juga: Ekspansi Bisnis, Kimia Farma Tambah 15 Outlet dan Bidik Pasar E-Commerce

Di samping itu, masyarakat juga dapat berkonsultasi dengan Apoteker Kimia Farma yang siap memberikan layanan 24 jam.

Setelah berkonsultasi, warga dapat melakukan tebus obat atau produk kesehatan sesuai rujukan dari dokter ke Apotek Kimia Farma dan warung sehat yang direkomendasikan.

Agus menegaskan,“KFA siap memberikan layanan konsultasi Apoteker secara online 24 jam melalui Link Sehat Berjaya Pemprov Lampung sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan produk kesehatan yang tersedia di Warung Sehat dan Apotek Kimia Farma dengan model hub and spoke.” (RO/S-4) 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat