visitaaponce.com

Legislator Papua Apresiasi Pemerintah Pusat Segera Lantik Anggota MRP

Legislator Papua Apresiasi Pemerintah Pusat Segera Lantik Anggota MRP
Anggota DPR Provinsi Papua Boy Markus Dawir.(Ist)

ANGGOTA DPR Provinsi Papua Boy Markus Dawir menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang telah memberikan kejelasan mengenai rencana pelantikan Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) periode 2023-2028. 

Berdasarkan surat yang dikeluarkan Sekretariat MRP Provinsi Papua pada Jumat (20/10) kemarin, pelantikan direncanakan akan dilaksanakan antara 30 dan 31 Oktober 2023.

"Artinya sudah ada kejelasan pelantikan, itu kami apresiasi Bapak Presiden dan Bapak Mendagri. Karena memang MRP ini vakum sudah terlalu lama, sementara lembaga ini sangat penting terutama dalam kaitan dengan perjuangan orang asli Papua sebagaimana amanat Undang-Undang Otsus (Otonomi Khusus)," ungkap Boy kepada wartawan, Sabtu (21/10).


Baca juga: DP3A Kota Sorong Gelar Nikah Massal 62 Pasang


Menurut dia, MRP Provinsi Papua saat ini memiliki tugas strategis utamanya dalam rangka persiapan Pemilihan Umum 2024. Boy melanjutkan, MRP memiliki tugas khusus bagaimana hak-hak politik Orang Asli Papua (OAP) bisa diakomodasi dengan baik. Bukan hanya itu, dalam rangka pengamanan untuk Pemilu damai di Papua, MRP memiliki peran amat strategis.

"Jadi ini bisa menjadi awal yang baik untuk MRP bisa segera bekerja, membangun komunikasi dengan para pihak untuk menyukseskan Pemilu 2024," tukas Boy.

Dia meyakini baik Presiden maupun Mendagri berharap penuh agar keberadaan MRP mampu membawa perbaikan bagi pemenuhaan hak-hak OAP.

"Kami ikut mendorong agar keberadaan MRP di Provinsi Papua bisa maksimal membela rakyat, membela kepentingan orang-orang asli Papua," pungkas Boy. (RO/I-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat