visitaaponce.com

Pemkab Bandung Minta Masyarakat Waspadai Beras Plastik

Pemkab Bandung Minta Masyarakat Waspadai Beras Plastik 
Ilustrasi beras(MI/Adam)

PEMERINTAH Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar) meminta masyarakat mewaspadai beredarnya beras plastik di pasaran, lantaran sampai hari ini harga beras masih tinggi.

Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kabupaten Bandung Dicky Anugrah Senin (23/10), mengatakan, harga beras medium saat ini berkisar Rp 13.300/kg atau lebih tinggi dari harga eceran tertinggi 10.400/kg.

"Bedanya hanya sedikit dengan beras premium. Bedanya hanya Rp1.000, beras premium itu hanya Rp14.000/kg, tapi masyarakat Kabupaten Bandung itu kebanyakan lebih sukanya beras medium," ujarnya.

Baca juga : Bulog Jamin Kualitas Beras Impor Terjaga

Menurut Dicky, tingginya harga beras di Kabupaten Bandung dikarenakan produksi beras nasional yang menurun akibat kemarau Panjang atau juga akibat fenomena el nino yang berdampak pada kegagalan panen. 

Kondisi seperti ini bukan hanya di Kabupaten Bandung, tapi juga secara nasional. Di tengah tingginya harga beras, saat ini mulai muncul isu beredarnya beras plastik di pasaran.

Baca juga : Harga Beras masih Tinggi, Petani tidak Menikmati Sumber:

"Dengan adanya isu tersebut, beberapa waktu lalu kami sudah melakukan monitoring lapangan memeriksa pedagang beras, karena dikhawatirkan adanya beras plastik. Alhamdulillah sampai sejauh ini, kami tidak menemukan adanya beras plastik beredar di pasar-pasar," ungkapnya.

Kendati demikian kata Dicky, pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat berhati-hati dalam membeli beras. Dikhawatirkan beras plastik beredar dengan menggunakan jalur distribusi lain. Kenali ciri-ciri beras plastik. 

"Biasanya butirannya lebih kecil juga lebih bening. Kalau menemukan ciri-ciri seperti itu, sebaiknya lapor kepada kami," katanya.

Pemkab juga meminta kepada pedagang beras di pasar untuk mewaspadai adanya beras plastik yang dimungkinkan beredar di tengah harga beras yang saat ini sedang tinggi.

Sementara itu Yudian,44, salah seorang pedagang beras di Pasar Soreang mengatakan, sejak harga beras tinggi jumlah pembeli juga berkurang. Beras yang kini dijualnya, harga paling murah Rp 13 ribu dan yang termahal Rp 15 ribu per kilogram.

"Rata-rata kenaikan harga beras dari setiap jenis Rp2 ribu dari harga sebelumnya. Kenaikan tersebut tak terjadi secara langsung. Kenaikannya berangsur, mulai bulan Agustus hingga awal Oktober ini," lanjutnya.

Mengenai pasokan beras sendiri kata Yudian, tetap lancar dan stok cukup banyak. Cuma harganya yang naik. Ia mengaku  mendapatkan beras dari daerah Majalengka, Kuningan, Cianjur, Jatiwangi, bahkan hingga Yogyakarta dan Sragen. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat