visitaaponce.com

Pengunjung Kini Boleh Menyelam di Talaga Biru Cicerem

Pengunjung Kini Boleh Menyelam di Talaga Biru Cicerem
Ilustrasi.(Freepik.)

DIVING atau kegiatan menyelam kini disiapkan di Talaga Biru Cicerem, Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Keselamatan penyelam tetap menjadi prioritas.

Sebelumnya, tidak semua pengunjung bisa berenang menikmati kejernihan dan dinginnya air di Talaga Biru Cicerem, kecuali hanya di titik-titik tertentu. "Talaga ini cukup dalam," tutur Iim Ibrahim, Direktur Utama Bumdes Arya Kemuning sebagai pengelola wisata tersebut, Jumat (27/10). 

Kedalaman Talaga Biru Cicerem berkisar 2 hingga 7 meter. Karenanya pengelola wisata mewanti-wanti kepada pengunjung untuk berhati-hati.

Baca juga: Sebanyak 100 Kejadian Kebakaran Lahan dan Kebun Terjadi di Kuningan

Namun kini pengelola wisata Talaga Biru Cicerem menyiapkan atraksi wisata menyelam atau diving. "Kami menyiapkan dua pelatih selam profesional yang bersertifikat," tutur Iim. 

Mereka pun menyiapkan tim kesehatan yang akan memeriksa terlebih dahulu kondisi kesehatan calon pengunjung yang ingin menyelam. Sebelum menyelam pengunjung diminta mempelajari teknik penyelaman. "Jadi tidak asal nyemplung," tutur Iim.

Baca juga: Jokowi Beri Sinyal Tambah Bantuan pada Desember

Tindakan preventif dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan selama proses penyelaman. Sedangkan untuk peralatan menyelam bisa didapatkan dengan cara menyewa. "Dengan Rp250 ribu sudah bisa menyelam di Talaga Biru Cicerem lengkap dengan peralatannya selama satu jam," tutur Iim.

Untuk bisa menikmati keindahan dasar talaga secara maksimal pihaknya melakukan penyedotan lumpur dan dedaunan yang ada di dasar talaga. Dengan begitu, pengunjung bisa menikmati keindahan di bawah talaga dengan air yang jernih. 

Wisata selam di Talaga Biru Cicerem pekan depan bisa dinikmati pengunjung. "Semua sudah siap tetapi pelatihnya masih ada kendala di keluarganya," tutur Iim.

Wisata Talaga Biru Cicerem menampilkan talaga yang warnanya terlihat biru dilengkapi dengan ikan-ikannya. Sejumlah spot foto disiapkan untuk pengunjung. Yang paling diminati yaitu spot ayunan gantung menjorok ke danau yang di bawahnya terdapat ikan-ikan yang berenang. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat