visitaaponce.com

Sebanyak 100 Kejadian Kebakaran Lahan dan Kebun Terjadi di Kuningan

Sebanyak 100 Kejadian Kebakaran Lahan dan Kebun Terjadi di Kuningan
Di Kuningan tercatat terjadi 100 kejadian lebih kebakaran terjadi sejak Januari(Antara)

KEBAKARAN lahan dan kebun di wilayah Kabupaten Kuningan sudah terjadi sebanyak 100 kali mulai Januari hingga September 2023.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh. Khadafi Mufti, menjelaskan kejadian terakhir kebakaran lahan terjadi pada Selasa (19/9) sekitar pukul 19.00 WIB di Desa Kalimanggis Wetan, Kecamatan Kalimanggis. “Proses pemadaman selesai sekitar pukul 21.20 WIB,” tutur Khadafi, Rabu (20/9).

Dijelaskan Khadafi, kebakaran terjadi di kebun milik Dudung Dulajid,65, dengan lahan yang terbakar sekitar 2 hektar. “Berdasarkan keterangaan saksi, ai mulai terlihat di jalan raya yang kemudian merembet ke kebun,” tutur Khadafi. Diduga api disebabkan dari puntung rokok yang dibuang sembarangan dan kemudian membakar rumput-rumput kering.

Baca juga: Ini 10 Kelurahan Dengan Jumlah Kebakaran Tertinggi di Jakarta

Saat melakukan proses pendinginan, pihaknya pun melakukan edukasi kepada masyarakat di sekitar lokasi kejadian untuk berhati-hati terhadap api di musim kemarau ini. “Kejadian kebakaran ini sudah sering terjadi. Sehingga diperlukan pengawasan dan penindakan hukum secara tegas terhadap pelaku pembakaran.

Ditambahkan Khadafi, mulai Januari hingga 19 September 2023 telah terjadi 100 kali kejadian kebakaran lahan dan kebun di Kabupaten Kuningan. Kebakaran lahan dan kebun ini menimbulkan kerugian hingga Rp 3,9 miliar lebih. Selain kebakaran lahan dan kebun, kebakaran rumah juga terjadi sebanyak 55 kejadian, kebakaran kandang ayam/kambing/sapi sebanyak 9 kali kejadian.

Baca juga: Atasi Kebakaran Lahan Gambut, Relawan Ini Beri Edukasi untuk Pemuda Kalsel

Ada pula kebakaran pabrik sebanyak 6 kejadian, kebakaran gudang sebanyak 4 kejadian, kebakaran gedung sekolah atau yayasan sebanyak 2 kejadian dan kebakaran lainnya sebanyak 9 kejadian. Selanjutnya Khadafi juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhat-hati menggunakan api di musim kemarau yang kering ini. (Z-10)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat