visitaaponce.com

Karhutla Mulai Meluas Di Sejumlah Titik di Palangka Raya

Karhutla Mulai Meluas Di Sejumlah Titik di Palangka Raya
Ilustrasi(Antara)

KEBAKARAN hutan dan lahan (karhutla) saat ini sudah mulai menyebar disejumlah lokasi di pinggiran kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palangka Raya, Sabtu (19/8/2023), sejumlah lahan yang terbakar diduga milik masyarakat yang melakukan pembukaan lahan.

Tercatat ada 8 lokasi yang terbakar yakni di Jalan Hapakat Km14, Jalan Tjilik Riwut, Jalan Banteng Gang Lidi (1 Ha), Jalan Bengaris (0.030 Ha), Jalan Hasanka (1,06 Ha), Jalan Manduhara (3 Ha) Jalan banteng Induk (0,47 Ha) , Jalan Bengaris serta Tjilik Riwut Km.7.

Baca juga : Setelah Sumsel, KLHK Segel Perusahaan di Kalimantan karena Karhutla

Untuk mengatasi kebakaran ini sujumlah relawan berjibaku melakukan pemadaman hingga malam. Relawan disarankan agar menggunakan masker standar yang memang diperuntukan untuk melakukan pemadaman api.

Kepala BPBD Palangka Raya Emi Abriyani mengakui memang masih ada sebagian relawan masih enggan untuk menggunakan masker standar dengan alasan tak nyaman saat digunakan. "Mereka sudah kita minta memakai masker, tapi ya itu tadi, katanya panas dan susah bernafas," ujarnya, Senin (21/8).

Namun demikian  kata dia, pihaknya sudah menyiapkan tim kesehatan dan obat-obatan serta vitamin untuk tim di lapangan, pungkasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat