visitaaponce.com

Atasi Kebakaran Lahan Gambut, Relawan Ini Beri Edukasi untuk Pemuda Kalsel

Atasi Kebakaran Lahan Gambut, Relawan Ini Beri Edukasi untuk Pemuda Kalsel
Pelatihan pemadaman kebakaran lahan gambut di Kalsel(Dok. Pandawa)

SUKARELAWAN Pandawa memberikan pelatihan tangani kebakaran lahan gambut di Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk masyarakat. 

Potensi kebakaran di lahan gambut dapat menjadi semakin besar jika mengalami kerusakan. Gambut yang rusak biasanya diakibatkan oleh pengeringan karena cuaca panas dan musim kemarau.

Maka, relawan Pandawa memberikan pelatihan penanganan dan pencegahan kebakaran lahan gambut sebagai bentuk upaya antisipasi kepada puluhan kaum milenial di Aula KNPI Kalsel, Banjarmasin, Kalsel.

Baca juga : Asah Kemampuan Pemuda Kalbar, GMC Gelar Pelatihan Seni Ukir Kayu 

Koordinator Wilayah (Korwil) Pandawa Kalimantan Nur Ghina Muslimah mengatakan pada Agustus-September rawan terjadi kebakaran lahan gambut.

Pandawa menyasar pemuda milenial dan generasi Z untuk peduli terhadap permasalahan lingkungan tersebut.

Baca juga : Dukung Hobi Anak Muda Bandung, GMP Gelar Turnamen Mini Soccer

"Kami melaksanakan kegiatan ini di Kalsel supaya teman-teman generasi milenal sepenuhnya merespons permasalahan itu di Kalsel," katanya.

Menurut Ghina, kebakaran lahan gambut cukup sulit dipadamkan. Diperlukan pemahaman tentang kebakaran lahan. 

Karena itu, relawan tersebut menghadirkan dua pemateri dari akademisi dan satgas pemadam kebakaran untuk memberikan edukasi kepada para peserta.

"Kebakaran gambut meskipun apinya dipadamkan, tekstur tanahnya itu masih  mengendap seperti dijelaskan pemateri. Itu menghasilkan asap. Asap muncul setelah api padam. Kebakaran bisa terjadi lagi," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Pandawa mengajak puluhan milenial yang hadir untuk berpartisipasi mencegah dan menangani bencana tersebut.

"Bagi generasi milenial Kalimantan Selatan, ayo kita cegah dan tangani kebakaran lahan gambut.

Sementara itu, Rijali sebagai pemateri sekaligus satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kalsel juga mengajak masyarakat untuk mengurangi pembakaran sampah yang memicu terjadinya kebakaran.

"Kami harapkan masyarakat mengurangi pembakaran sampah yang bisa memicu terjadinya kebakaran lahan gambut di wilayah ini," ungkapnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat