visitaaponce.com

Asah Kemampuan Pemuda Kalbar, GMC Gelar Pelatihan Seni Ukir Kayu

Asah Kemampuan Pemuda Kalbar, GMC Gelar Pelatihan Seni Ukir Kayu
Pelatihan seni ukir kayu di Kalimantan Barat(Dok. GMC)

SUKARELAWAN Ganjar Milenial Center (GMC) mengadakan pelatihan seni ukir kayu bareng pemuda yang berada di Desa Anik, Kecamatan Banyuke, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Koordinator Wilayah GMC Kalbar Nuryahdi mengatakan kegiatan itu digelar untuk mengembangkan dan meneruskan budaya seni ukir kepada para kaum muda. Terlebih, seni ukir sangat menguntungkan jika dilihat dari segi bisnis.

Dengan demikian, kemampuan seni ukir diharapkan bisa menjadi mata pencaharian bagi para milenial, sehingga menjadi pribadi yang mandiri.

Baca juga : Berdayakan Wanita Milenial, Sukarelawan Ini Gelar Pelatihan Mengukir Kayu di Jepara 

"Saya berharap pelatihan ini bermanfaat kepada para peserta," kata Nuryahdi.

Menurut dia, puluhan kegiatan yang diadakan oleh GMC Kalbar ini mendapatkan sambutan positif hal itu dilihat dari para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut.

Puluhan milenial bersemangat untuk mengikuti pemaparan mengenai seni ukir kayu. 

Baca juga : Kiai Muda Jatim Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kayu Jati di Tuban

Dia menyebut pekerjaan seorang seni juga bisa memiliki nilai yang tinggi dan sangat menguntungkan jika ditekuni.

"Sektor seni seperti ini sering dipandang sebelah mata, sebenarnya seni mempunyai nilai-nilai kreativitas yang sangat tinggi, dan menguntungkan jika dilihat dari segi bisnis," jelasnya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan, Adrianus Apen mengatakan selaku pegiat seni ukir dirinya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan. 

Menurutnya, kegiatan ini akan membangun semangat dan potensi kaum muda dalam meningkatkan kompetensinya, khususnya pada bidang seni ukir. 

"Mengikuti kegiatan ini saya bisa paham bagaimana caranya mengukir dari awal hingga manjadi sebuah kerajinan ukiran," kata Andruanus Apen. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat