visitaaponce.com

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong Gelar Operasi Gabungan

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong Gelar Operasi Gabungan  
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong Sam Fernando saat membuka operasi gabungan.(MI/HO)

PADA Selasa (14/5), Kantor Imigrasi kelas II TPI Entikong mengadakan operasi gabungan dengan beberapa Instansi terkait. Instansi terkait yang terlibat dalam operasi gabungan itu adalah perwakilan dari kantor Bea dan Cukai Entikong, Badan Karantina Indonesia wilayah Kalimantan Barat, TNI yang diwakili Komando Rayon Militer 1204-02 Sekayam, Polri yang diwakili Kepolisian Sektor Sekayam, Badan Intelijen Negara wilayah Kalimantan Barat, serta TVRI Kalimantan Barat. 

Adapun operasi gabungan ini dibuka oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong Sam Fernando sebelum menyisir beberapa lokasi yang telah ditentukan di wilayah Sekayam.

Tim pelaksana operasi gabungan di lapangan dipimpin Kasubsi Intelijen Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong Saputra Hasnul Boan Basir. Operasi gabungan dilaksanakan di beberapa area, khususnya di wilayah Dusun Segumon, Desa Lubuk Sabuk, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau. 

Baca juga : Imigrasi Entikong Periksa Seorang WNA Tercatat dalam DPT dalam Pemilu 2024

Sam Fernando mengatakan tujuan dilaksanakan operasi gabungan ini untuk menemukan dan mencegah terjadinya pelanggaran keimigrasian serta meminimalisir potensi pelanggaran lainnya sesuai kewenangan dari masing-masing instansi. Selain itu, operasi ini juga untuk menjaga keamanan masyarakat dan keutuhan NKRI.

"Dalam operasi gabungan tersebut tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian, akan tetapi dapat dikumpulkan beberapa keterangan dari warga sekitar mengenai beberapa potensi pelanggaran yang bisa saja terjadi di waktu yang akan datang, sehingga masing-masing instansi dapat melakukan antisipasi dini terhadap potensi adanya pelanggaran hukum di kemudian hari, " kata Sam Fernando

Selain itu, melalui operasi gabungan ini dapat menciptakan sinergi antarinstansi yang bertugas pada perbatasan dan juga masyarakat sekitar, demi stabilitas keamanan dan persatuan di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat