visitaaponce.com

Imigrasi Entikong Berikan Layanan Prima Saat Arus Balik Libur Idul Fitri 2024

Imigrasi Entikong Berikan Layanan Prima Saat Arus Balik Libur Idul Fitri 2024
Pelayanan imigrasi di PLBN Entikong(MI/HO)

PADA Senin (15/4), bertepatan dengan akhir libur Idul Fitri, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong tetap bekerja melakukan pemeriksaan keimigrasian. Tercatat, mulai Jumat (12/4) hingga Senin (15/4), sebanyak 3.927 warga negara Indonesia (WNI) dan 1.020 warga negara asing (WNA) berangkat ke luar negeri melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi pada PLBN Entikong. 

Sedangkan untuk arus balik dalam waktu yang sama pada kedatangan dari luar negeri tercatat berjumlah 7.811 orang WNI dan 277 WNA yang datang ke Indonesia melalui PLBN Entikong.

"Pelayanan pemeriksaan itu dilakukan petugas imigrasi pada Tempat Pemeriksaan Imigrasi dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong yang telah menyiagakan petugasnya pada semua lini pemeriksaan keimigrasian, dan menambahkan beberapa petugas yang seharusnya sedang cuti Lebaran untuk membantu pemeriksaan keimigrasian pada arus perlintasan luar negeri di momen libur Idul Fitri ini," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong Sam Fernando.
Selain itu, petugas di tempat pemeriksaan imigrasi Entikong juga memberikan pemeriksaan prioritas kepada lansia serta ibu dan anak balita yang terlihat pada antrean pemeriksaan keimigrasian. 

Baca juga : Jelang Idul Fitri, Imigrasi Entikong Maksimalkan Pemeriksaan Keimigrasian

Pemeriksaan yang humanis ini dilakukan agar para pelaku perjalanan luar negeri dengan kategori tersebut merasakan kenyamanan dalam pemeriksaan keimigrasian merasakan pemeriksaan yang ramah HAM.

Tidak hanya memaksimalkan pelayanan pada pemeriksaan keimigrasian, kantor imigrasi kelas II TPI Entikong juga memaksimalkan pengawasan dalam pemeriksaan. Hal ini ditujukan agar WNI yang hendak keluar wilayah Indonesia adalah yang berkualitas dan agar tidak menjadi korban tindak pidana perdagangan orang, terbukti dengan sudah terdapat beberapa orang yang diberikan penolakan keberangkatan ke luar negeri pada tempat pemeriksaan imigrasi Entikong pada momentum libur Idul Fitri ini.

"Dalam hal integrasi dan kemudahan pada perlintasan pelaku perjalanan luar negeri, kantor imigrasi kelas II TPI Entikong juga memaksimalkan sinergi dengan stakeholder terkait khususnya CIQS (Custom, Imigrasi, Quarantine/karantina dan Security yaitu TNI-POLRI). Hal ini dilakukan agar tercipta kenyamanan, keamanan dalam pemeriksaan perlintasan luar negeri khususnya pada PLBN Entikong," pungkas Sam Fernando. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat