visitaaponce.com

592 Siswa SD-SMP Ikuti Festival Ketoprak Pelajar Klaten

592 Siswa SD-SMP Ikuti Festival Ketoprak Pelajar Klaten
Pelajar mengikuti Festival Ketoprak Pelajar (FKP) XII Tahun 2023 di SD Krista Gracia Klaten, Sabtu (4/11).(MI/DJOKO SARDJONO)

DEWAN Kesenian Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menggelar Festival Ketoprak Pelajar (FKP) XII Tahun 2023 di SD Krista Gracia Klaten. FKP XII dibuka oleh Kepala Bidang Kebudayaan Disbudporapar, Anang Jati Nugroho, mewakili Plh Bupati Klaten Yoga Hardaya, Sabtu (4/11).

Ketua Panitia, Apri Kristiyanta, melaporkan FKP XII diikuti 9 SD/MI dan 7 SMP/MTs. Jumlah peserta terlibat total sebanyak 592 pelajar. Kegiatan FKP XII tingkat SD/MI dan SMP/MTs tahun ini digelar selama dua hari, 4-5 November 2023, dan diikuti 16 sekolah.

Adapun tujuan FKP Klaten adalah untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya Jawa, utamanya upaya mendukung pendidikan karakter generasi muda. Dalam FKP XII, panitia menyiapkan 42 piala dari 13 kategori kejuaraan yang diperebutkan. Untuk juara umum mendapat piala bergilir Bupati Klaten.

Penampilan peserta FKP XII dinilai dewan juri Sriyanta (Kepala SMK Rota Bayat), ST Wiyono (Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta), dan Ki Wuryadi Wignyoswara (SMKN 1 Kasihan Yogyakarta).

Ketua Dewan Kesenian Klaten Sunarna diwakili Sekretaris Umum Djoko Sardjono dalam sambutannya mengatakan seni ketoprak yang berkembang di tengah arus modernisasi ini sangat dekat dan menyatu dengan kehidupan masyarakat.

Baca juga:

BPBD Klaten Masih Terus Salurkan Bantuan Air Bersih Sampai Musim Penghujan

Dewan Kesenian Klaten Gelar Festival Ketoprak Pelajar XII Piala Bupati

Dalam pentas seni ketoprak, lakon yang disajikan itu menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa. Sehingga, dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan karakter dan budi pekerti, serta tuntunan hidup masyarakat.

"Melalui festival ketoprak ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai seni di kalangan generasi muda, serta sebagai cara efektif mengenalkan, mendekatkan, dan menumbuhkan minat kaum milenial mencintai seni tradisional ketoprak guna mewujudkan Klaten Kota Ketoprak," jelasnya.

Sementara itu, Plh Bupati Yoga Hardaya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kabid Kebudayaan Anang Jati Nugroho mengungkapkan penyelenggaraan FKP merupakan upaya menumbuhkembangkan kreativitas seni tradisional utamanya ketoprak di kalangan generasi muda.

"Perlu diketahui, bahwa seni kethoprak mengandung nilai-nilai luhur bangsa yang patut untuk diteladani oleh generasi muda saat ini. Selain itu, dalam seni ketoprak juga terkandung nilai-nilai sejarah bangsa yang harus dimengerti dan dipahami generasi muda khususnya pelajar," imbuhnya.

Pembukaan FKP XII/2023 ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Kabid Kebudayaan Anang Jati Nugroho dengan didampingi sejumlah pejabat dan perwakilan panitia. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat