visitaaponce.com

BMKG Waspadai Gelombang Tinggi Sampai 4 Meter

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi Sampai 4 Meter
Ilustrasi(Antara)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat pesisir dan operator kapal mewaspadai potensi gelombang setinggi hingga 4 meter di beberapa wilayah perairan Indonesia. Gelombang tinggi itu berpotensi muncul pada 17-18 November 2023.

"Gelombang setinggi 2,5 meter sampai 4 meter selama kurun itu berpeluang menghampiri Laut Natuna Utara dan Samudra Pasifik utara Halmahera," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo di jakarta, Jumat (17/11).

Adapun, tinggi gelombang di wilayah perairan Indonesia lainnya diperkirakan berkisar 1,25 sampai 2,5 meter. Wilayah perairan dengan gelombang setinggi 1,25 meter sampai 2,5 meter meliputi perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Sumatera, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-Pulau Sumba.

Baca juga: BMKG Prediksi Februari 2024 Puncak Musim Hujan di DKI

Selain itu, perairan Kepulauan Anambas, perairan Bitung, Laut Maluku bagian utara, perairan utara dan timur Halmahera, Laut Halmahera, perairan Raja Ampat, perairan Manokwari, perairan Biak, dan Samudra Pasifik utara juga akan diterpa gelombang hingga 2,5 meter.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Eko.

Baca juga: Masih Ada Pengaruh El Nino, Intensitas Hujan di Sejumlah Wilayah Bakal Lebih Rendah

Ia juga mengimbau para nelayan dan operator kapal mewaspadai dampak gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat