visitaaponce.com

Membangun Teknologi Industri untuk Tulungagung

Membangun Teknologi Industri untuk Tulungagung
Putra putri terbaik Tulungagung mengikuti kunjungan industri di PT Parametrik Solusi Integrasi(Dok PT Parametrik Solusi Integrasi)

KEHADIRAN sosok dr Kasil Rokhmad, MMRS FISQua di tengah masyarakat telah menorehkan banyak manfaat bagi warga Tulungagung, Jawa Timur. Kepedulian dan dedikasi yang tinggi dari sosok seorang dokter yang kini memimpin RSUD Dr Iskak Tulungagung dan menjabat sebagai Kadinkes Tulungagung ini patut diteladani.

"Perhatian dan pengabdian beliau khususnya bidang kesehatan kepada masyarakat terbukti dengan kesungguhannya melayani kesehatan masyarakat di Tulungagung Jawa Timur, terutama di bidang kesehatan," ujar Ketua Yayasan Jokowi Centre, Hery Setiawan, Rabu (5/6).

Selama dalam kepemimpian beliau di RSUD Dr Iskak Tulungagung, tambah Harry, terbukti dalam pelayanannya, sehingga terwujud menjadi rumah sakit rujukan di Jawa Timur, dan mewakili Indonesia dalam presentasi pada smart health city tingkat dunia 2023. Selain itu, ia dinilai terbaik dalam zona integritas menuju wilayah bebas korupsi 2023.

Baca juga : IHSG Ditutup Menguat Ditopang Sembilan Sektor

Tak hanya bidang kesehatan, perhatian dr Kasil Rokhmad dalam memajukan Tulungagung di bidang teknologi industri yang dapat menopang kearifan lokal daerahnya patut mendapat apresiasi. 

Sebagai langkah konkret, ia melakukan prakerja sama bidang teknologi dengan PT Parametrik Solusi Integrasi, sebuah perusahaan di bidang riset dan teknologi, yang banyak melahirkan karya anak bangsa di bidang teknologi.

Mulai sektor energi, pangan, industri pertanian, industri perkebunan sampai sektor kesehatan. Inovasi yang dilahirkan banyak digunakan baik di luar negeri maupun dalam negeri utamanya untuk mendukung daerah-daerah terpencil atau daerah 3 T (terluar, terdepan, dan tertinggal).

Baca juga : Guru Besar UPI: Penguatan Higher Order Thinking Skill dapat Dilakukan Melalui Pembelajaran Fisika pada Pendidikan Vokasional

"Mengingat Tulungagung juga merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Laut Selatan, maka diperlukan teknologi yang sangat canggih dalam membantu nelayan di pesisir dalam membangun industri pengolahan ikan di Tulungagung khususnya," ujar dr Kasil Rokhmad.

Impian Dr Kasil untuk mengangkat perekonomian masyarakat nelayan di pesisir pun mulai membuahkan hasil. Dengan memayungi para nelayan dalam badan koperasi, melengkapi peralatan menangkap ikan dengan kecanggihan teknologi, membangun cold storage sampai membangun industri pengolahan ikan di Tulungagung sebagai keniscayaan yang harus segera diwujudkan, termasuk mendatangkan investasi untuk menjadikan Tulungagung sebagai daerah pengekspor ikan terbesar di Indonesia.

"Teknologi karya PT Parametrik Solusi Integrasi siap berkolaborasi untuk mewujudkan terobosan ini," imbuhnya.

Mengawali kolaborasi ini, dr Kasil Rokhmad mengirimkan 10 putra putri terbaik Tulungagung untuk mengikuti kunjungan industri di PT Parametrik Solusi Integrasi, agar teknologi tersebut dapat segera dilakukan di Tulungagung Jawa Timur.

Langkah tersebut disambut baik dan didukung Ketua Yayasan Jokowi Centre Hery Setiawan dengan menugaskan Ketua Yayasan Jokowi Centre Jatim Muji Rahayu untuk mulai menjajaki kolaborasi serta memulai langkah awal untuk memproteksi nelayan pesisir Tulungagung dalam badan hukum koperasi nelayan agar segera terwujud Tulungagung Gumilang (guyub, mitayani dan langgeng). (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat