visitaaponce.com

Kedatangan 249 Imigran Rohingya Gelombang Ketiga Kembali Ditolak di Aceh Utara

Kedatangan 249 Imigran Rohingya Gelombang Ketiga Kembali Ditolak di Aceh Utara
Ratusan pengungsi Rohingya diminta kembali lagi naik kapal kayu nelayan oleh warga Aceh Utara(AFP)

KEDATANGAN Imigran Rohingya gelombang ketiga yang berjumalah 249 orang di Kabupaten Aceh Utara kembali di tolak oleh warga setempat. Imigran Rohingya yang sempat turun ke daratan pun diarahkan naik kembali ke kapal kayu yang mereka tumpangi.

Panglima Laot Kecamatan Lapang, Hasan TIM, mengatakan pihaknya bersama nelayan dan warga setempat membenarkan bahwa mereka menolak kedatangan Rohingya itu.

"Atas kedatangan Rohingya kemari kami tetap menolak, tidak siap menerima etnis Rohingya yang menuju ke wilayah kami, tetap kami tolak tidak ada kata-kata menampung," kata Hasan TIM, Jumat (17/11).

Baca juga: 196 Pengungsi Rohingya Terdampar di Pantai Kalee Laweung Pidie Aceh

Sehari sebelumnya, ratusan Rohingya tersebut telah memasuki Kabupaten Bireuen namun warga setempat tidak mengizinkan mereka turun ke daratan.

Meski kedatangan imigran itu ditolak, warga setempat juga sempat memberikan bantuan makanan dan minuman.

Baca juga: Retno Marsudi Ingatkan Kembali Dunia Soal Nasib Rohingya

Setelah diberikan bantuan makanan dan minuman mereka kemudian ditarik kembali ke laut lepas oleh nelayan.

Untuk diketahui, sebanyak 196 imigran Rohingya gelombang pertama mendarat pada Selasa, 14 November 2023, sekitar pukul 11.00 WIB di pantai Gampong Kalee Laweung, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. 

Kemudian, kembali mendarat gelombang kedua sebanyak 175 orang pada 15 November 2023, sekitar pukul 16.45 WIB, di Pasi Meurandeh, Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie. Mereka telah dipindahkan ke tempat penampungan sementara di Kamp Mina Raya Blang Peutek, Padang Tiji, Kabupaten Pidie, Aceh. (Z-10)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat