visitaaponce.com

Kunjungan Wisatawan ke Rumah Bung Karno Meningkat

Kunjungan Wisatawan ke Rumah Bung Karno Meningkat
Seorang pria berjalan di depan rumah bekas tempat pengasingan Presiden RI pertama Soekarno (1938-1942) di Jalan Soekarno Hatta, Bengkulu.(Antara/Ismar Patrizki)

KUNJUNGAN wisatawan ke rumah pengasingan Bung Karno di Provinsi Bengkulu meningkat mencapai 1.000 orang wisatawan dalam sehari.

Rumah bekas kediaman bung Karno tersebut berada di Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu. Diketahui, tarif masuk ke cagar budaya tersebut sebesar Rp5 ribu per orang. 

"Jadi dalam seminggu jumlah kunjungan mencapai 10 ribu orang dan pada hari libur maka kunjungan akan meningkat," kata Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) wilayah VII Bengkulu, 
Nurmantyas.

Baca juga : Wisata ke Tiga Tempat Bersejarah di Bengkulu

Kunjungan tersebut, lanjut dia, jika hari biasa mencapai 1.000 per hari dan jika hari libur mencapai 15 ribu orang kunjungan dalam satu minggu sehingga menurutnya penting untuk perbaikan dalam sistem pendataan pengunjung.

"Pemasukan dari sektor wisata cagar budaya rumah pengasingan Bung Karno  di Bengkulu cukup tinggi," imbuhnya.

Baca juga : Rumah Kelahiran Bung Karno di Surabaya Dibuka jadi Objek Wisata

Untuk ke depan, kata dia, harus ada terobosan untuk memperbaiki masalah tata kelola kunjungan dengan sistem tiket elektronik.

Wisatawan saat ini dapat membayar tiket masuk ke rumah Bung Karno dengan menggunakan sistem tiket elektronik.

Selain itu, cagar budaya wisata lainnya yang ada di Kota Bengkulu, seperti Benteng Marlborought juga mengalami peningkatan kunjungan wisatawan. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat