visitaaponce.com

Hiu Tutul Terdampar dan Mati di Pantai Wagir Indah Cilacap

Hiu Tutul Terdampar dan Mati di Pantai Wagir Indah Cilacap
Hiu tutul terdampar di Pantai Wagir Indah, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu, (29/11).(MI)

HIU tutul (Rhincodon typus) terdampar di Pantai Wagir Indah, Desa Welahan Wetan, Kecamatan Adipala, Cilacap, Jawa Tengah, pada Rabu (29/11). Namun, sekitar 30 menit kemudian, hiu tutul tersebut mati.

Hingga siang, hiu tersebut masih dibiarkan. Warga mengikat hiu dengan tali supaya tidak ke laut.

Hiu yang terdampar memiliki panjang sekitar 4-5 meter dan berat sekitar 400 kilogram ini pertama kali ditemukan oleh para pencari ikan sekitar pukul 05.00 WIB. Tetapi, sekitar jam 05.30 WIB diketahui telah mati.

Baca juga: Jateng Selatan Terancam Cuaca Ekstrem hingga 30 November

Salah satu warga setempat, Darsih, 40, mengatakan bahwa awalnya para pencari ikan mengira benda yang terdampar itu adalah pohon kelapa yang terbawa ombak.

"Ditemukan tadi pagi oleh tukang jaring atau pencari ikan, dikira pohon kelapa, ternyata hiu tutul. Saat ditemukan, hiu masih hidup. Bahkan, sempat didorong ke laut, namun tidak kuat. Akhirnya, hiu yang terdampar itu mati di pantai,” katanya.

Sementara anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Cilacap Andreas Tugiman mengatakan pihaknya berjaga di lokasi supaya tidak ada yang mengambil daging hiu tersebut.

Baca juga: Antisipasi Caleg Depresi, Rumah Sakit Daerah di Jateng Buka Poli Jiwa

“Sebetulnya, telah ada upaya dari warga untuk menarik hiu tersebut kembali ke lautan, tetapi upaya tersebut tidak berhasil. Ada 20 warga yang menarik ke tengah lautan, tetapi tidak kuat karena berat,” jelasnya.

Untuk sementara bangkai hiu tutul tersebut masih dibiarkan di pantai. Nantinya, dinas terkait akan menurunkan alat berat untuk mengubur bangkai hiu tutul tersebut.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat