visitaaponce.com

Tim SAR Temukan Satu Jasad Korban Banjir Bandang Humbahas Sumut

Tim SAR Temukan Satu Jasad Korban Banjir Bandang Humbahas Sumut
Proses pencarian 12 orang yang terseret banjir bandang dan longsor di Humbahas, Sumut.(MI)

TIM SAR menemukan satu jasad wanita dalam operasi pencarian korban hilang akibat banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Humbahas, Sumatra Utara (Sumut). Jasad sudah dipastikan merupakan salah satu dari 12 korban yang dicari.

"Tim SAR Gabungan sementara ini sudah menemukan satu korban banjir bandang," ungkap Budiono, Kepala Kantor Basarnas Medan, Sabtu (2/12).

Menurut dia, pada sekitar pukul 11.25 WIB tadi Tim SAR menemukan seorang wanita dalam operasi pencarian korban hilang akibat banjir bandang dan tanah longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) pada Jumat (1/12) malam.

Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Bencana Hidrometeorologi Ancam Jateng

Setelah diidentifikasi, diperoleh kepastian bahwa wanita tersebut bernama Boru Lubis dan termasuk satu dari 12 orang warga yang sedang dicari. Namun saat ditemukan, korban sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Jasadnya ditemukan di suatu lokasi seperti danau berjarak sekitar 500 meter dari titik terakhir korban terlihat. Budiono memastikan saat ini jasad korban sudah dievakuasi dari lokasi penemuan dan untuk sementara dibawa ke puskesmas terdekat.

Dia juga memastikan operasi SAR masih terus berlanjut, termasuk dengan menggunakan teknologi drone yang mampu mendeteksi suhu tubuh. Begitu juga alat berat berupa eskavator.

Baca juga: Tanah Longsor dan Pergerakan Tanah Terjadi di 8 Lokasi di Garut

"Banyaknya material batuan yang diakibatkan banjir bandang dan longsor menyulitkan tim dalam melakukan pencarian," ujar Budiono.

Selain menggunakan eskavator, tim SAR juga harus menggeser secara manual material batuan untuk membuka akses pencarian. Terutama di lokasi-lokasi yang dicurigai sebagai titik keberadaan korban.

Banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi saat hujan lebat di Desa Simangulampe pada Jumat (1/12) sekitar pukul 21.30 WIB mengakibatkan beberapa unit rumah warga mengalami kerusakan. Setelah bencana alam itu terjadi, beberapa orang warga juga dilaporkan tertimbun longsor dan sebanyak 12 orang belum ditemukan.

Pemerintah setempat bersama warga sempat melakukan pencarian, tetapi para warga yang hilang tidak berhasil ditemukan. Hingga kemudian situasi itu dilaporkan ke BPBD Humbahas dan selanjutnya diteruskan ke Basarnas.

Adapun nama-nama warga yang dilaporkan hilang antara lain Pintar Simanullang, Juni Silaban, Adriano Silaban, Tiamin Sinambela dan Lasroha Simanullang. Kemudian Eva Purba, Kriston Siregar, Desman Sihombing, Op.Gomgom, Br Banjar, Br Lubis dan Br Simanjuntak.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat