visitaaponce.com

Ganjar Dorong Peningkatan SDM Pemuda Disesuaikan dengan Potensi Lokal

Ganjar Dorong Peningkatan SDM Pemuda Disesuaikan dengan Potensi Lokal 
Pemuda berdialog dengan Ganjar Pranowo(Dok.Ist)

CALON presiden Ganjar Pranowo menerima keluhan soal anak muda yang kesulitan mendapatkan pekerjaan, meskipun sumber banyak perusahaan yang memanfaatkan sumber daya alam (SDA) di daerah Sulawesi Tengah (Sulteng). 

Ganjar, menilai hal itu bisa diatasi dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Oleh karena itu, Ganjar bakal mendorong peningkatan SDM dalam visi-misinya sebagai capres dalam Pilpres 2024. 

"Tadi dikatakan 'Oh di Sulteng banyak sekali pertambangan tapi tidak bisa bekerja'. Satu, kamu harus meyakinkan bahwa kamulah orang yang bisa mengisi itu. Artinya pendidikan dan keterampilan harus cukup," ucap Ganjar seusai dialog dengan pemuda Sulteng di cafe Tanaris, Kota Palu, Senin (4/12). 

Baca juga :  Memperkuat Ekonomi Daerah Melalui UMKM dan Koperasi di NTT

Ganjar meyakini potensi besar pemuda Sulteng untuk menjadi tulang punggung pembangunan di daerahnya sendiri, terlebih Sulteng memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah. 

Untuk mencapai hal itu, Ganjar menekankan bahwa sumber daya manusia yang berkualitas perlu disiapkan sesuai dengan karakteristik dan potensi lokal, sehingga bisa menjadikan pemuda sebagai tuan rumah di negerinya sendiri. 

"SDM mesti disiapkan sesuai dengan lokalitas atau potensi lokal yang ada di daerah, dan kalau SDM-nya bagus, pasti dia akan jadi tuan rumah di negerinya sendiri," tegasnya. 

Dalam momen itu, Ganjar juga diberikan cinderamata berupa alat musik tradisional Sulteng, yaitu Lalove. 

Cinderamata itu sebagai salah satu bentuk penghargaan atas dedikasi dan gagasan Ganjar yang dinilai mengerti anak muda Indonesia. (RO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat