visitaaponce.com

Peringatan Hari Nusantara 2023 di Tidore jadi Momentum UMKM Lokal Unjuk Gigi

Peringatan Hari Nusantara 2023 di Tidore jadi Momentum UMKM Lokal Unjuk Gigi
Pameran produk UMKM meriahkan peringatan Hari Nusantara 2023 di Tidore(dok :Kominfo)

Peringatan Hari Nusantara yang berlangsung pada 10 hingga 13 Desember 2023 di kawasan wisata Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara (Malut), menjadi momentum sarana promosi produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) daerah setempat..

“Momen Ini kami jadikan kesempatan untuk Promosi Produk unggulan UMKM Maluku Utara di kancah nasional, karena banyak tamu dari berbagai daerah,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Provinsi Maluku Utara, Wa Zaharia, di Ternate, seperti tertera dalam keterangan resmi Kemenkominfo.

Menurutnya Pemerintah Provinsi Malut menyiapkan 100 stand khusus untuk digunakan UMKM unjuk produk unggulan melalui Pameran Nusantara UMKM Expo 2023 di sepanjang Jalan Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan.

Aneka macam produk lokal yang dipamerkan di antaranya, berupa makanan, kopi, rempah, kerajinan tangan, aksesoris besi putih, pariwisata, serta busana.

Beberapa rangkaian dari peringatan Hari Nusantara 2023 juga digelar di antaranya, senam bersama goyang Tidore, lomba renang, bakti kesehatan, karnaval budaya, bakar sate ikan terbanyak, penanaman pohon mangrove, parade perahu nelayan, dan penampilan grup band Slank.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjadi lembaga yang ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 bertemakan "Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah".

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kota Tidore Kepulauan, Azis Hadad menyatakan rangkaian peringatan telah resmi dibuka oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gunawan Siswantoro, pada Minggu (10/12).

Pembukaan turut dihadiri Sekretaris Dirktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Amirulloh, Sekda Provinsi Maluku Utara Syamsuddin A. Kadir, Wali Kota Tidore Kepulauan, Pimpinan DPRD, dan Forkopimda Kota Tidore.

Adapun puncak Hari Nusantara 2023, akan digelar Kamis (13/12),  yang rencananya dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dan tamu undangan lainnya.

Untuk diketahui Hari Nusantara berawal dari Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia saat itu, Djuanda Kartawidjaya.

Deklarasi Djuanda menyatakan bahwa laut Indonesia di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat