visitaaponce.com

Peringatan Harnus 2023 di Tidore Berdampak Positif pada Pariwisata dan UMKM

Peringatan Harnus 2023 di Tidore Berdampak Positif pada Pariwisata dan UMKM
KM Tatamailau yang disiapkan menjadi hotel terapung bagi pengunjung Hari Nusantara 2023 di Tidore(Andri Saputra/Antara)

Peringatan Hari Nusantara 2023 yang dipusatkan di kawasan wisata Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara (Malut) berdampak positif pada tiga sektor yaitu transportasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal dan wisata bahari. Rata-rata ketiganya mengalami peningkatan omzet dan kunjungan hingga 20%.

“Terjadi peningkatan. Khususnya sektor bahari. Khusus wisatawan mereka datang untuk menyelam di Pulau Failonga dan Pulau Maitara,” kata Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim, seperti tertera dalam keterangan resmi yang disampaikan pihak Kominfo, Selasa (12/12).

Kedua pulau tersebut, kata dia, menjadi tempat terbaik di Maluku Utara bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang memburu panorama indah bawah laut, khususnya terumbu karang. ”Rata-rata wisatawan dari Jakarta. Wisatawan dari Eropa juga ada,” katanya.

Hari Nusantara 2023 di Tidore Kepulauan berlangsung sejak 10 Desember 2023. Pada puncak gelarannya Rabu (13/12), Ali meyakini berbagai potensi di wilayahnya akan makin dikenal luas.

Mengambil tema “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah”, Harnus 2023 diharapkan mampu mendorong kembali potensi Kota Tidore Kepulauan, yang dahulu dikenal sebagai jalur perdagangan rempah Nusantara dan dunia.

Sementara itu, secara terpisah, Kapolres Tidore Kepulauan, Kombes Yuri Nurhidayat menegaskan personel gabungan TNI-Polri akan memperkuat keamanan saat puncak peringatan Hari Nusantara 2023.

Jika pada pembukaan lalu hanya disiagakan sekitar 380 personel gabungan, pada Rabu (13/12) ini, akan ada penambahan menjadi sekitar 800 personel.(M-3)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat