visitaaponce.com

Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Capai 82,4 Persen

Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Capai 82,4 Persen
Ilustrasi(Dok MI)

TEMUAN teranyar Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo kini mencapai 82,4%.

Dari angka itu, sebanyak 12,7% menyatakan sangat puas dipimpin oleh Jokowi. Hanya ada 15,8% yang merasa tidak puas, termasuk 2,0% yang menyatakan tidak puas sama sekali, dan sisanya 1,8% tidak tahu/tidak jawab.

Dengan tingkat kepuasan publik yang sangat tinggi, praktis publik menaruh harapan besar bahwa program-program Jokowi yang sudah berjalan selama ini dapat dilanjutkan oleh kepemimpinan nasional baru hasil Pemilu 2024.

“Tingginya tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi hingga mencapai 82,4 persen menunjukkan bahwa publik bakal memilih capres yang didukung Jokowi dan komitmen soal keberlanjutan,” ungkap Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni lewat keterangan yang diterima, Selasa (16/1).

Baca juga: Pakar Sebut Usulan Pemakzulan terhadap Jokowi Bisa Dimaklumi

Menurut Vivin, sikap Jokowi yang terus-menerus melakukan cawe-cawe dalam pemilu kali ini demi memastikan keberlanjutan program selama dua periode berjalan. “Belakangan Jokowi kembali dituding berpihak setelah menjamu makan malam Prabowo,” ujar Vivin.

Selain dengan Prabowo, pertemuan juga dilakukan dengan pimpinan partai-partai yang berasal dari koalisi pengusung. “Jokowi ingin mengirim pesan adanya dukungan terhadap pasangan Prabowo-Gibran yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM),” imbuhnya.

Baca juga: Anies Baswedan: Prioritas Presiden Ciptakan Rasa Aman setiap Keluarga

Demikian pula dengan ketidakhadiran Jokowi dalam peringatan ulang tahun PDIP yang ke-51. Ia menilai ada perpecahan antara Jokowi dengan PDIP yang mengusung pasangan Ganjar-Mahfud.

Dukungan dan keberpihakan yang ditunjukkan Jokowi kepada Prabowo-Gibran merupakan untuk mempertebal dukungan kepada pasangan nomor urut dua itu. “Prabowo-Gibran terus berusaha menarik swing voter dan menggerus basis pendukung Ganjar-Mahfud,” jelas Vivin.

Survei Index Research dilakukan pada 3-9 Januari 2024 terhadap 1200 orang mewakili semua provinsi. Responden dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dan diwawancara tatap muka. Margin of error survei sebesar ±2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95%. (P-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat