visitaaponce.com

Empat Tahun Pemerintahan JokowiMaruf, Pertumbuhan Ekonomi Tercatat 5,3 Persen

Empat Tahun Pemerintahan Jokowi–Ma’ruf, Pertumbuhan Ekonomi Tercatat 5,3 Persen
Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin pertumbuhan ekonomi tercatat 5,3%(Ist)

BERAGAM pembangunan telah dilakukan selama empat tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. Salah satunya terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,3%. 

"Di sektor fiskal, kita juga berhasil mengembalikan defisit anggaran di bawah 3% dengan cepat (tahun 2022)," ujar Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal Moeldoko dalam keterangan tertulis, Jumat (20/10)

Selain itu, Indonesia telah melakukan lompatan dalam peningkatan nilai ekspor hasil tambang melalui kebijakan hilirisasi. Ia mencontohkan ekspor nikel yang mengalami lonjakan dari US$0,65 juta pada 2017, menjadi US$5,94 juta. 

Baca juga: Hingga Akhir Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin Tersisa 37 Daerah Tertinggal

Capaian positif juga terjadi di sektor investasi. Panglima TNI 2013-2015 ini, menyebut nilai investasi melebihi target yang telah ditetapkan pemerintah, yakni mencapai Rp1.207 triliun. 

"Ini karena kita telah melakukan transformasi tata kelola investasi dengan menyederhanakan regulasi, reformasi birokrasi, dan efisiensi logistik," terangnya.

Baca juga: Jokowi-Ma'ruf Amin Silaturahmi Secara Virtual

Pemerintah juga menjalankan komitmen untuk memeratakan pembangunan di seluruh Indonesia. Hal ini terlihat dengan menurunya jumlah desa tertinggal 

"Penurunannya sangat signifikan, dari 17.626 desa menjadi 6.749 desa," bebernya. (Z-10)
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat