visitaaponce.com

BNPB Salurkan Sembako Hingga Masker Untuk Pengungsi Gunung Lewotobi

BNPB Salurkan Sembako Hingga Masker Untuk Pengungsi Gunung Lewotobi
Erupsi gunung Lewotobi NTT(MI)

BANTUAN bagi pengungsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus berdatangan. Di antaranya bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 
sudah tiba di lokasi pengungsian, Selasa (9/1).

Bantuan yang diserahkan itu terdiri dari 500 paket sembako, 250 paket hygiene kit dan 16.000 masker dan 4 dos masker KF99. Sedangkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT mengirim 25 
lembar terpal, 200 lembar selimut, 150 matras dan 5.760 sabun mandi.

Selanjutnya, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT mengirim 12  MCK masing-masing ditempatkan di Kantor Desa Konga satu unit, SDK Konga  tiga unit dan Gedung Serbaguna Desa Konga 8 unit.

Baca juga: Kemensos Salurkan Bantuan kepada Korban Erupsi Gunung Lewotobi

Bantuan juga berasal dari Polda NTT, Korem 161 Wirasakti Kupang, dan Telkomsel yang memberikan bantuan berupa paket sembako dan kesehatan di sejumlah posko pengungsian.

Kepala Dinas Kominfo Flores Timur Hery Lamawuran menyebutkan bantuan untuk pengungsi sebanyak 157 item mulai dari perlengkapan mandi dan cuci, obat-obatan, perlengkapan dapur, masker, kebutuhan anak, balita  dan perempuan, makanan siap saji, minuman terpal, selimut, bahan kebutuhan pokok hingga penerangan.

Baca juga: 4.681 Warga Kaki Gunung Lewotobi Tercatat Bermukim di Lokasi Pengungsian

Dia mengatakan ada enam desa yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi yakni  Desa Nobo dan Dulipali di Kecamatan Ile Bura, kemudian di Kecamatan Wulanggitang adan empat desa yakni Nawakote namun terbatas di Dusun Duang dan Bawalatang, kemudian Desa Klatanlo, Hokeng Jaya dan Boru (Dusun Podor).

"Kemarin dua kali erupsu, empat kali gempa vulkanik dan 1 kali gempa tremor menerus. Untuk aktivitas hari ini masih direkap," ujarnya saat dihubungi Media Indonesia.

Meskipun telah meletus sejak 1 Januari 2024, saat ini Gunung Lewotobi Laki-Laki masih berstatus siaga atau level III.

Adapun relawan yang membantu penangana pengungsi hingga menyiapkan makanan berasal dari 14 tim antara lain Polri 310 personel, TNI 100 personel, Tagana 65 orang, Pramuka 20 orang, Basarnas 7 orang, PMI  Kabupaten Sikka 4 orang, dan dompet dhuafa 10 orang.

Sedangkan total pengungsi sampai Selasa sore sebanyak 4.788 orang tersebar di 27 lokasi pengungsian mulai dari rumah warga, fasilitas umum, tenda pengungsian dan gedung sekolah. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat