visitaaponce.com

Upaya Lestarikan Bahasa Dan Aksara Bali

Upaya Lestarikan Bahasa Dan Aksara Bali
Suasana Bulan Bahasa Bali yang digelar Kelurahan Panjer Denpasar Selatan, Rabu (31/1).(MI/Ruta Suryana)

AJANG Bulan Bahasa Bali terus menggeliat di Kota Denpasar hingga ke tingkat desa/ kelurahan. Salah satunya dilaksanakan Kelurahan Panjer, Denpasar Selatan yang dilangsungkan di kantor kelurahan setempat, Rabu (31/1).

Lurah Panjer, I Putu Budi Ari Wibawa menjelaskan, kegiatan Bulan Bahasa Bali tahun ini mengusung tema 'Jana Kerthi-Dharma Sadhu Nuraga'. Hal ini sebagai bentuk implementasi dari Peraturan Daerah Provinsi Bali No. 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali serta Peraturan Gubernur Bali No. 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali.

Menurutnya, ajang Bulan Bahasa Bali merupakan wahana pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri masyarakat Bali

Baca juga : Badan Bahasa Beberkan Dua Kendala Pelestarian Aksara Daerah

"Kami berharap melalui agenda seperti ini mampu melestarikan bahasa, aksara dan sastra Bali sebagai warisan leluhur, sekaligus sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan Panjer yakni pembangunan manusia itu sendiri," ujarnya.

Pada pelaksanaan tahun ini, Kelurahan Panjer bersinergi dengan Desa Adat Panjer dalam beberapa lomba, yakni Lomba Nyurat Aksara, Ngwacen Lontar, Masatua Bali, dan Pidarta Bahasa Bali Denpasar. Dari berbagai lomba yang diadakan tercatat diikuti 30 orang.

"Kami berharap melalui agenda seperti ini mampu melestarikan bahasa, aksara dan sastra Bali sebagai warisan leluhur, sekaligus sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan Panjer yakni pembangunan manusia itu sendiri," ujarnya. (RS/N-1)

Baca juga : Pelestarian Bahasa Daerah Jadi Tanggung Jawab Pemda

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat