visitaaponce.com

Sebulan Diperbaiki, Jembatan Gantung Jadi Harapan Baru Warga Sukamenang

Sebulan Diperbaiki, Jembatan Gantung Jadi Harapan Baru Warga Sukamenang
Potret jembatan baru di Desa Sukamenang yang menghubungkan kebun tempat bekerja petani dengan pemukiman warga.(Dok Sahabat Pedalaman)

JEMBATAN tidak layak masih menjadi sebagian masalah di sejumlah daerah di Indonesia. Pasalnya, itu membuat keselamatan masyarakat terancam dan mempersulit mobilitas masyarakat setempat.

Salah satunya ialah jembatan di Desa Sukamenang, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Jembatan di desa itu merupakan satu-satunya fasilitas bagi masyarakat Dusun II Desa Sukamenang untuk menyeberang sungai.

Baca juga : Konsultan Hukum Sebut Akuisisi SBS Sumsel Sesuai Aturan

Sayangnya, kayu-kayu penopang pijakan kaki jembatan yang dibangun mandiri sejak 2018 itu sudah rapuh dan rusak. Ini menjadi ancaman serius bagi warga, terutama 80% penduduk yang merupakan petani.

Mengetahui hal itu, Yayasan Sahabat Pedalaman dan PT Sarana Multi Infrastruktur/SMI (Persero) berkolaborasi memperbaiki jembatan gantung tersebut.

Selama sebulan, tim Sahabat Pedalaman dan warga setempat bergotong royong membangun kembali jembatan, menggantikan kayu dengan plat besi bordes yang lebih kuat dan tahan lama.

Baca juga : Menguji Andrenalin di Jembatan Gantung Rengganis

"Penggunaan plat besi bordes di jembatan diharapkan memberikan ketahanan jangka panjang dan kenyamanan bagi warga sekitar," ungkap Direktur Sahabat Pedalaman Wafiq Zuhair Muhammad, dalam keterangan tertulisnya, hari ini.

Kolaborasi itu pun berhasil. Jembatan gantung yang baru diresmikan pada 31 Januari 2024 itu kini membawa harapan baru bagi lebih dari 500 jiwa masyarakat setempat.

Wafiq berharap jembatan ini bukan hanya sebagai langkah awal yang baik untuk perekonomian Desa Sukamenang, tapi juga bisa menginspirasi pembangunan infrastruktur serupa di daerah terpencil lainnya.

Baca juga : Jelang Libur Akhir Tahun, Pemprov Sumsel Atur Strategi Tekan Inflasi

Muhamad Sapuri selaku Staf Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PT SMI (Persero) berharap masyarakat bisa merawat jembatan tersebut dengan baik, sehingga kebermanfaatannya dirasakan dalam kurun waktu panjang.

“Semoga jembatan ini bisa jadi akses masyarakat untuk membantu meningkatkan perekonomian. Kami juga berharap kolaborasi PT SMI dan Yayasan Sahabat Pedalaman berlanjut dan makin banyak lagi jembatan yang terbangun di daerah pelosok Indonesia," pungkas Sapuri. (S-2)

 

Baca juga : Pemprov Sumsel Salurkan Bantuan untuk Cegah Tengkes di OKU

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat