visitaaponce.com

Pemprov Sumsel Salurkan Bantuan untuk Cegah Tengkes di OKU

Pemprov Sumsel Salurkan Bantuan untuk Cegah Tengkes di OKU
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni memberikan bantuan makanan untuk mengatasi permasalahan tengkes di Ogan Komering Ulu, Rabu (8/11).(MI/DWI APRIANI)

UPAYA pencegahan dan pengentasan masalah stunting atau tengkes terus dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan bersama pemerintah daerah. Kali ini, Pemprov Sumsel memberikan bantuan makanan kepada bayi, balita, dan ibu hamil di Ogan Komering Ulu.

Bantuan yang diberikan berupa beras 5 kilogram, telur 1 kilogram, susu, sosis, dan vitamin. Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni berharap bantuan tersebut bermanfaat untuk memenuhi asupan gizi bagi anak-anak yang rentan agar terhindar dari risiko tengkes.

"Tengkes itu yang pertumbuhan badannya tidak bagus, yang pertumbuhan badannya tidak normal dan berdampak pada kesehatan, berdampak pada perkembangan otaknya, kalau semuanya tidak bagus, maka perkembangannya akan membuat anaknya tidak pintar dan tidak sehat, Kalau tidak pintar dan tidak sehat tidak bisa sekolah dengan baik tidak bisa melaksanakan aktivitas dengan baik dan akhirnya masa depannya tidak bagus," tutur Fatoni, Rabu (8/11).

Fatoni mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengonsumsi makanan bergizi. Menurutnya, makanan bergizi bisa didapatkan dengan berkebun secara mandiri di rumah.

Baca juga:

Jaga Daya Beli Masyarakat dan Tangani Stunting, Pemerintah Siapkan Bantuan Pangan Tahun 2024

Dikejar Waktu Turunkan Angka Stunting

"Makan makanan yang sehat, jangan makan makanan yang tidak sehat, makan sayur, makan buah, makan telur, makan-makan yang bergizi. Makanan bergizi tidak harus mahal, ada di kebun kita, ada di lingkungan kita, ada di kandang kita. Makan daging, makan telur, makan daun singkong, makan buah pepaya, makan pisang itu banyak sekali di lingkungan kita silakan dimakan," jelasnya.

Fatoni juga mengajak tokoh masyarakat, perusahaan, dan semua yang terkait turut berkontribusi menurunkan angka tengkes. Salah satu solusi yang diberikan adalah dengan menjadi orang tua asuh bagi anak tengkes.

"Dalam menangani tengkes, saya mengajak anggota semua pihak termasuk anggota Kamar Dagang dan Industri Sumsel supaya menjadi bapak asuh anak tengkes yang nantinya diberikan makanan sehat dan bergizi agar stunting dan kemiskinan ekstrem di Sumsel dapat ditangani dengan cepat," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat