visitaaponce.com

Satu Prajurit TNI Terluka Akibat Penembahan Pesawat di Yahukimo

Satu Prajurit TNI Terluka Akibat Penembahan Pesawat di Yahukimo
Aparat kemanan memeriksa bekas penembakan oleh orang tidak dikenal di Yahukimo(Dok. Polda Papua)

PESAWAT Wings Air IW-1646 ditembak orang tidak dikenal (OTK) saat mendarat di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua pada Sabtu (17/2). Penembakan dilakukan di sisi kiri pesawat saat bersiap untuk mendarat dari Runway 25 menuju ujung kali Brasa sekitar pukul 13.20 WIT.

"Informasi yang kami terima menyebutkan bahwa pesawat tersebut terkena tembakan di sisi sebelah kiri, yang menembus ke dalam badan pesawat," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangan tertulis.

Benny mengatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden penembakan tersebut. Namun, satu prajurit TNI Terluka akibat insiden itu.

Baca juga : Lagi, OTK Tembak Tukang Bangunan di Ilaga Papua

"Meskipun tidak ada korban jiwa, penumpang bernama Pratu Ongen mengalami luka lecet akibat terkena pecahan dinding pesawat," ujar Benny.

Benny mengatakan saat ini aparat gabungan yang tergabung dalam Operasi Damai Cartenz 2024 bersama personel Brimob Yon D dan Polres Yahukimo tengah memburu pelaku. Pemburuan dilakukan dengan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan menyisir di sekitar lokasi.

"Kami telah melakukan olah TKP dan meminta keterangan dari awak pesawat. Kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menindaklanjuti kasus ini dan mengejar pelaku penembakan," ungkap Benny.

Baca juga : Pesawat Caravan Asia One Ditembak di Kabupaten Puncak, Papua Tengah

Benny menyebut kasus penembakan ini menjadi atensi khusus Polri dan berupaya segera mengidentifikasi pelaku. Di samping itu, aparat gabungan juga akan mengungkap motif penembakan demi menjaga keamanan penerbangan di wilayah tersebut.

Sebelumnya, penembakan oleh orang tak dikenal (OTK) juga menimpa pesawat Asian One Air dengan seri PK-LTF. Peristiwa terjadi di Bandara Milawak, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Jumat, 16 Februari 2024.

Peristiwa berawal saat pesawat tersebut tengah mendarat sekitar pukul 09.52 WIT. Kemudian, ditembak dari arah kanan pesawat.

Baca juga : Dua Korban Penembakan Papua Dievakuasi dari Paniai ke Nabire

Tembakan tersebut berasal dari kelompok OTK yang berada di kampung Ambobra. Mereka menuruni kampung Ambobra ke kampung Julukoma Distrik Beoga dan melakukan aksi penembakan terhadap pesawat Asian one PK-LTF.

Tembakan tersebut kemudian dibalas oleh Aparat Keamanan TNI-Polri. Beruntung tidak ada korban luka maupun jiwa dalam insiden tersebut. Penembakan itu hanya mengenai bagian kanan dan tebus ke arah pintu belakang pesawat.

Polisi meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang membuat kepanikan. Masyarakat juga diminta tetap menjaga situasi dan kondisi yang aman dan damai selama proses penyelidikan berlangsung. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat