visitaaponce.com

Polda Papua Sebut Penembakan Pesawat Wings Air di Yahukimo Dilakukan KKB

Polda Papua Sebut Penembakan Pesawat Wings Air di Yahukimo Dilakukan KKB
Polisi melakukan pemeriksaan pada pesawat Wings Air yang ditembak KKB Yahukimo(Dok. Polda Papua)

KEPOLISIAN Daerah Papua mengantongi terduga penembak Pesawat Wings Air IW-1646 di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo dan Pesawat Asian One Air dengan seri PK-LTF di Bandara Milawak, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Pelaku adalah kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Iya KKB," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo saat dikonfirmasi, Sabtu (17/2).

Benny belum bisa memastikan KKB yang terlibat. Namun, peristiwa di Yahukimo dipastikan KKB Yahukimo.

Baca juga : Satu Prajurit TNI Terluka Akibat Penembahan Pesawat di Yahukimo

"KKB Yahukimo masih dalam penyelidikan," ujarnya.

Di samping itu, tidak ada penebalan pasukan ke Bumi Cenderawasih meski ada penembakan dua pesawat oleh KKB. Menurut Benny, personel pengamanan saat ini sudah mencukupi.

"Sementara aparat keamanan cukup," terangnya.

Baca juga : Pesawat Caravan Asia One Ditembak di Kabupaten Puncak, Papua Tengah

Untuk diketahui, penembakan Pesawat Wings Air terjadi saat mendarat di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua pada Sabtu, 17 Februari 2024. Penembakan dilakukan di sisi kiri pesawat saat bersiap untuk mendarat dari Runway 25 menuju ujung kali Brasa sekitar pukul 13.20 WIT.

Tembakan itu tembus ke dalam badan pesawat. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam insiden penembakan tersebut. Namun, satu prajurit TNI Pratu Ongen mengalami luka lecet akibat terkena pecahan dinding pesawat.

Saat ini aparat yang tergabung dalam Operasi Damai Cartenz 2024 bersama personel Brimob Yon D dan Polres Yahukimo tengah memburu pelaku. Pemburuan dilakukan dengan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan menyisir di sekitar lokasi.

Baca juga : TNI-Polri masih Pulihkan Keamanan di Sugapa, Papua Tengah, dari KKB

Sementara itu, Pesawat Asian One Air dengan seri PK-LTF ditembak di Bandara Milawak, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Jumat, 16 Februari 2024. Peristiwa berawal saat pesawat tersebut tengah mendarat sekitar pukul 09.52 WIT. Kemudian, ditembak dari arah kanan pesawat.

Tembakan tersebut kemudian dibalas oleh Aparat Keamanan TNI-Polri. Beruntung tidak ada korban luka maupun jiwa dalam insiden tersebut. Penembakan itu hanya mengenai bagian kanan dan tebus ke arah pintu belakang pesawat. (MGN/Z-5)

 

Baca juga : 1 Anggota KKB Papua Kembali Ditembak Mati Satgas Damai Cartenz

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat