visitaaponce.com

Survei 9,5 Responden Coblos Partai NasDem

Survei: 9,5% Responden Coblos Partai NasDem
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh(MI/Adam Dwi)

INDIKATOR Politik Indonesia menanyakan pilihan partai politik kepada responden saat mencoblos pada Rabu, 14 Februari 2024. Partai NasDem dipilih hampir 10 persen oleh responden tersebut.

"Partai NasDem dipilih 9,5 persen responden," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara virtual, Rabu, 28 Februari 2024.

Burhanuddin mengatakan tren elektabilitas partai besutan Surya Paloh itu meningkat dibanding survei serupa pada 12 Februari hingga 13 Februari 2024. Kala itu, elektabilitas Partai NasDem di angka 6,5 persen.

Baca juga : Survei: Daya Elektoral Caleg Partai Gerindra Lemah

Sementara itu, partai yang paling banyak dicoblos responden ialah PDI Perjuangan dengan 16,6 persen. Kemudian Partai Golkar 15,2 persen dan Partai Gerindra 13,5 persen.

"Gerindra menarik karena sebelum pemilu menurut survei kami sebelumnya di angka 20 persen, tapi hasil di hari H justru turun," papar Burhanuddin.

Dalam hasil survei tersebut, ada beberapa partai yang dipilih kurang dari empat persen responden. Angka itu merupakan ambang batas parlemen.

Baca juga : Survei: PDIP Berpotensi Tidak Menang di Pemilu 2024, Dikalahkan Gerindra

Partai-partai itu antara lain Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan 2,8 persen dan Perindo dengan 1,3 persen. Kemudian Partai Gelora 1,1 persen, Partai Hanura 0,7 persen, dan Partai Buruh 0,6 persen. Partai lainnya di bawah angka tersebut.

Survei Indikator Politik Indonesia dilakukan pada 18 Februari hingga 21 Februari 2024. Responden survei mencapai 1.227 orang yang berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah dan memiliki telepon.

Penarikan sampel dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD) dan wawancara melalui telepon. Margin of error sekitar ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat