visitaaponce.com

Kolaborasi Jadi Kunci Sukses Penanganan Masalah Kesehatan di Jateng

Kolaborasi Jadi Kunci Sukses Penanganan Masalah Kesehatan di Jateng
Ilustrasi. Mural dengan tema kesehatan.(MI/BARY FATHAHILAH)

KEPALA Dinas Kesehatan Jateng, Yunita Dyah Suminar mengatakan, Pemprov Jateng hingga kini masih menghadapi beberapa persoalan kesehatan, antara lain angka kematian ibu melahirkan, stunting, tuberkolosis, dan penyakit menular.

Menurutnya, berbagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun juga keterlibatan semua komponen masyarakat.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno mengatakan, penanganan masalah kesehatan tidak bisa sendiri-sendiri, tapi butuh kolaborasi dengan banyak pihak.

Baca juga : Sirekap Bermasalah, Saksi PDIP Jebres Tolak Teken Rekapitulasi Suara

"Apalagi pemerintah provinsi tidak mempunyai wilayah, sehingga harus berkolaborasi dengan kabupaten dan kota," ujar Sumarno di sela pembukan rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) Provinsi Jateng di Hotel Mercure Sukoharjo, Kamis, (29/2).

Sumarno berharap, semua pihak terkait dapat mengakselerasi penanganan masalah kesehatan di Jateng.

Selain kolaborasi dengan multipihak, lanjut Sumarno, upaya yang penting dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat adalah upaya promotif dan preventif.

"Karena upaya promotif dan prefentif jauh lebih efisien dan lebih penting. Sebab, kalau masyarakat selalu dalam kondisi sehat maka problem-problem lain dapat lebih mudah tertangani. Termasuk masalah stunting dan kemiskinan," jelas Sumarno. (Z-6)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat