visitaaponce.com

Kementerian BUMN Kembali Gelar Mudik Gratis Tahun Ini

Kementerian BUMN Kembali Gelar Mudik Gratis Tahun Ini
Konferensi pers Mudik Asyik Bersama BUMN 2024.(DOK JASA RAHARJA)

KEMENTERIAN Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menggelar program mudik bersama dengan tema “Mudik Asyik Bersama BUMN 2024”. Kegiatan rutin ini dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri. 

Tahun ini, sebanyak 84 perusahaan BUMN dan anak Perusahaan BUMN melayani sebanyak lebih dari 80.215 pemudik yang terbagi ke dalam tiga moda transportasi yaitu 1.225 unit bus, 60 unit kereta api dan 15 unit kapal laut dengan tujuan lebih dari 200 kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, Mudik Bersama BUMN telah menjadi agenda rutin sebagai wujud komitmen pihaknya untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Ia menambahkan BUMN sebagai benteng ekonomi nasional akan terus meningkatkan kinerja dan membuat program yang berpihak kepada masyarakat.

Baca juga : Mudik Gratis BUMN, PLN Berangkatkan 10 ribu Pemudik

"Program ini juga menjadi komitmen Kementerian BUMN dan BUMN yang konsisten dalam mendukung penyelenggaraan arus mudik yang kondusif dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan pemudik. Dengan adanya program ini, diharapkan akan tercipta perjalanan yang lebih aman, nyaman, dan sehat bagi para pemudik," kata Erick, melalui keterangannya, Selasa (5/3).

Erick mengatakan diperkirakan tahun ini terjadi peningkatan pemudik hingga 22%. Untuk menghadapi hal tersebut, Erick memastikan bahwa semua persiapan untuk program mudik bersama tahun ini telah dilakukan dengan baik. Mulai dari penyiapan armada transportasi, pengaturan rute perjalanan, hingga penyediaan fasilitas dan pelayanan yang memadai selama perjalanan.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono sebagai koordinator Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 mengungkapkan pendaftaran program mudik gratis tersebut berlangsung sejak Senin (4/3). Rivan mengatakan kuota mudik gratis BUMN pada lebaran tahun ini mencapai 80.215 orang atau naik dari lebaran tahun lalu sebanyak 78.017 orang. 

Baca juga : Pupuk Sriwijaya Lepas 230 Peserta Mudik Gratis

"Pendaftaran sudah dibuka pada 4 Maret 2024. Selain jumlah pemudik, jumlah BUMN yang terlibat juga lebih banyak yakni 84 BUMN dari lebaran sebelumnya yang sebanyak 82 BUMN," ujar Rivan saat konferensi pers di Kantor Jasa Raharja, Jakarta, Selasa (5/3).

Rivan menyebut minat masyarakat untuk ikut program mudik gratis BUMN cukup tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar mudik gratis BUMN yang mencapai 14.796 pendaftar per hari ini. 

Rivan mengatakan seluruh pendaftaran program mudik BUMN bersifat satu pintu melalui melalui aplikasi JRku dan laman resmi Jasa Raharja. Program mudik gratis BUMN juga mewajibkan calon pemudik memiliki STNK sepeda motor dan SIM. Hal ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mengurangi penggunaan sepeda motor pada mudik tahun ini. "Kalau dari Jasa Raharja, kita inginnya yang punya motor bisa naik bus, jadi ada STNK dan SIM," kata Rivan.

Adapun persyaratan Mudik Asyik bersama BUMN 2024, yakni memiliki akun JRku, Memiliki sepeda motor yang dibuktikan dengan STNK, pajak kendaraan sepeda motor masih berlaku, memiliki SIM C yang masih aktif, pendaftar dan peserta yang didaftarkan harus dalam 1 keluarga. Apabila salah satu persyaratan pada poin 1-5 tidak terpenuhi, maka pendaftaran tidak dapat dilanjutkan

Tata cara pendaftaran Mudik Asyik bersama BUMN 2024, yakni melakukan pencarian tiket transportasi dan destinasi yang diinginkan untuk mengetahui ketersediaan kursi. Apabila tiket masih tersedia, calon pemudik dapat melengkapi data diri. Sistem akan memverifikasi secara otomatis dan jika lolos, tiket elektronik akan diterbitkan. Simpan tiket elektronik dengan baik dan tunjukkan kepada petugas pada saat keberangkatan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat