visitaaponce.com

1.705 Peserta Mudik Gratis Kapal Laut Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

1.705 Peserta Mudik Gratis Kapal Laut Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok
1.705 Peserta Mudik Gratis Kapal Laut Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok.(Dok. Medcom.id)

GELOMBANG pertama arus balik mudik gratis menggunakan kapal laut, tiba di Dermaga Terminal Penumpang Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu, 14 April, siang.

Ribuan pemudik yang baru tiba ini mengikuti program mudik gratis yang digelar pemerintah beberapa waktu lalu, sebelum Lebaran.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Captain Hendri Ginting, mengatakan ada sebanyak 1.705 orang dengan 663 unit sepeda motor yang diangkut KM Dobonsolo, dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga : Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dibuka Hari Ini

Sejumlah petugas juga langsung mengeluarkan sepeda motor dari lambung kapal untuk memudahkan pemudik.

"Arus balik di Priok dari Semarang ke Jakarta berjalan dengan lancar," kata Hendri di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu, 14 April 2024.

Hendri mengatakan, setelah kedatangan gelombang pertama hari ini, akan ada keberangkatan gelombang kedua pada 15 April besok, dan akan tiba di Tanjung Priok pada Selasa, 16 April 2024.

Baca juga : Mudik Gratis BUMN, PLN Berangkatkan 10 ribu Pemudik

"Puncaknya diperkirakan hari ini, tapi kemungkinan Senin Selasa mereka akan kembali juga," kata Hendri.

Berdasarkan pengakuan salah satu pemudik, Antoni, mengatakan dirinya memilih pulang lebih awal agar dapat mempersiapkan diri kembali bekerja.

"Karena di awal lebih aman dan kita bisa lebih banyak istirahat di rumah, karena tanggal 16 kebetulan saya bekerja, sudah masuk, kebetulan saya buruh pabrik," ujar Antoni.

Baca juga : Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Bakauheni

"Justru lebih baik begini, lebih tertib, dari pengambilan motor, turun motor, itu sesuai warna. Kemudian antrean makan juga mulai dari pemberangkatan semua lebih tertib," sambung dia.

Dari Pelabuhan Tanjung Priok, Antoni harus kembali menempuh dengan sepeda motor selama dua jam, untuk tiba di tempat tinggalnya di Tangerang.

"Tapi saya sudah fit, sudah segar, semangatlah ini dan yang penting tidak ngebut," tutupnya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat