visitaaponce.com

Gempa Hari Ini di Timur Laut Tuban Terasa hingga Ke Sejumlah Daerah di Jateng

Gempa Hari Ini di Timur Laut Tuban Terasa hingga Ke Sejumlah Daerah di Jateng
Gempa bumi hari ini (3/4/2024) di Laut Tuban(Ilustrasi)

Sebuah gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 5,6 dan kedalaman 10 kilometer terjadi di perairan Tuban, Jawa Timur pada Rabu (3/4) pukul 16.02 WIB. Getaran gempa tersebut juga dirasakan di beberapa daerah di Jawa Tengah seperti Kendal, Jepara, dan Blora.

Berdasarkan pemantauan Media Indonesia pada Rabu (3/4), warga di beberapa daerah di Jawa Tengah seperti Kendal, Jepara, dan Blora mendadak merasakan guncangan gempa sekitar pukul 16.02 WIB. Meskipun gempa tersebut tidak terlalu besar, namun getarannya cukup kuat sehingga membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

"Ketika saya sedang menyiapkan buka puasa, tiba-tiba terasa gempa dan lampu gantung di rumah bergoyang," ujar Ratih, seorang warga Bangsri, Kabupaten Jepara, yang merasakan guncangan gempa.

Baca juga : Sesar Aktif Picu Gempa Dangkal di Perairan Tuban, Apa Dampaknya?

Sulastri, warga Kradenan, Kabupaten Blora, juga mengalami pengalaman serupa. Dia bersama dengan anak dan suaminya berlarian keluar rumah karena kaget mendengar gempa. "Ternyata di luar rumah sudah banyak warga lain yang berada di luar dan setelah tidak terjadi guncangan lagi, kami kembali masuk ke dalam rumah," tambahnya.

Iswandi, seorang warga Ngawen, Blora, juga mengaku merasakan guncangan yang sama. Awalnya, dia mengira guncangan tersebut disebabkan oleh truk besar yang melintas di depan rumahnya, namun setelah keluar rumah, dia menyadari bahwa tidak ada kendaraan yang melintas.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa tersebut terjadi pada pukul 16:02:16 WIB, dengan pusat gempa terletak di Timur Laut Tuban, Jawa Timur, dan berada sekitar 134 kilometer di Timur Laut Tuban dengan kedalaman 10 kilometer. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat