visitaaponce.com

Rawan Macet, Polda Sumut Beri Atensi Khusus Lintas Timur dan Tengah Sumatra saat Arus Mudik

Rawan Macet, Polda Sumut Beri Atensi Khusus Lintas Timur dan Tengah Sumatra saat Arus Mudik
Ilustrasi, jalur lintas sumatra.(Dok. MI)

POLDA Sumatra Utara (Sumut) memberi atensi khusus terhadap kondisi lintas timur dan tengah Sumatra dalam suasana arus mudik 2024. Atensi khusus diberikan karena kedua jalan lintas tersebut dinilai rawan macet.

"Kita sudah membuat skema untuk mengatasi potensi masalah,” kata IrjenAgung Setya Imam Effendi, Kapolda Sumut, seusai apel Gelar Pasukan Kepolisian Terpusat Ketupat Toba 2024 di Lapangan Mapolda Sumut, Rabu (3/4).

Menurut dia, salah satu skema yang disiapkan adalah memberi perhatian khusus terhadap dua jalan lintas Sumatra, yakni lintas timur dan lintas tengah.

Baca juga : 128,3 Juta Orang Mudik, Polri Matangkan Rekayasa Arus Lalu Lintas Lebaran 2023

Adapun bagian yang diberi perhatian khusus adalah jalur lintas timur menuju Pekanbaru dan Aceh. Sedangkan bagian dari lintas tengah yang dimaksud adalah yang menghubungkan Kota Medan, Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun, Toba, hingga Mandailing Natal.

Polda Sumut memberi perhatian khusus terhadap kedua jalan lintas itu karena meyakini akan lebih banyak dilintasi pemudik. Dengan begitu, kedua jalan lintas tersebut akan lebih padat sehingga rawan mengalami kemacetan.

Perhatian khusus itu diberikan seperti dengan pengerahan personel yang lebih banyak. Polda Sumut juga sudah mendirikan pos-pos keamanan di titik-titik strategis di sepanjang kedua jalur lintas tersebut.

Baca juga : PT JMJ Operasikan Jalur Fungsional Sepanjang 22 KM saat Mudik Lebaran

Lebih jauh, Kapolda mengungkapkan dalam memberi layanan pengamanan dalam suasana Lebaran tahun ini pihaknya mengerahkan personel sebanyak 12.152 orang. Bahkan mereka didukung personel TNI dengan kekuatan yang lebih besar, yakni mencapai 13.000 orang.

Seluruhnya bergabung dalam tugas pengamanan bernama Operasi Ketupat Toba 2024. Operasi ini akan dijalankan selama 13 hari atau mulai dari tanggal 4 hingga 16 April 2024.

"Kita juga menyiapkan 173 pos untuk pos terpadu, pengamanan dan pelayanan," tambah Kapolda.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat