visitaaponce.com

Pengikut Tarekat Syattariyah, Nagan Raya, Aceh, Lebaran Hari Ini

Pengikut Tarekat Syattariyah, Nagan Raya, Aceh, Lebaran Hari Ini
Jamaah Tarekat Syattariyah di Nagan Raya, Aceh, melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah Senin (8/4).(Antara)

JEMAAH pengikut tarekat Syattariyah, Habib Muda Abu Peuleukueng, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, merayakan lebaran Idul Fitri 1445 H, hari ini Senin (8/4).

Sekitar pukul 08.00 Wib pagi, ribuan warga Seunagan dan sekitarnya menggelar salat Idul Fitri di Masjid Jamik Peuleukueng, Kecamatan Seunagan.

Berdasarkan ilmu falak yang mereka pelajari, bulan Ramadan telah berakhir pada Minggu (7/4). Itu ditandai dengan masuknya bulan Syawal 1445 hari ini. Karena bulan Syawal telah tiba tentu sudah waktunya melaksanakan ibadah salat Idul Fitri.

Baca juga : Saf Lelaki dan Perempuan Bercampur, Salat Sah atau Batal?

Adapun sistem ilmu hisab yang mereka pelajari adalah berdasarkan bilangan lima (bilangan ganjil). Setelah diketahui sudah masuk bulan Syawal baru diumumkan salat Ied.

Teuku Raja Keumangan yang merupakan tokoh dari keturunan Habib Muda Peulukeueng, mengatakan, ilmu hisab metode hitungan tersebut sudah dipraktekkan turun temurun sekitar 200 tahun oleh pengikut tarekat Syattariyah, Habib Muda Abu Peuleukueng.

"Insya Allah hari ini kami sudah merayaka Idul Fitri 1445. Itu sesuai perkiraan hisab bilangan lima yang dipegang sejak 200 tahun lalu," tutur Teuku Raja Keumangan yang juga jadi khatib (pembaca khutbah) salat Idul Fitri 2024 tersebut. 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat