visitaaponce.com

Aliran Sungai Citanduy dan Ciwalen Meluap Merendam Ratusan Rumah di Tasikmalaya

Aliran Sungai Citanduy dan Ciwalen Meluap Merendam Ratusan Rumah di Tasikmalaya
Sungai Citanduy dan Ciwalen meluap merendam ratuan rumah di Kampung Godebag, Desa Tanjungjaya setinggi 30 hingga 1 meter(MI/Adi Kristiadi)

HUJAN deras mengguyur beberapa wilayah telah menyebabkan Sungai Citanduy dan Ciwalen meluap merendam ratusan rumah di Kampung Godebag, Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Kejadian itu terjadi, Selasa (9/4) sekitar pukul 02.00 WIB pagi memutuskan jalur lalu lintas Ciamis-Tasikmalaya.

Ratusan rumah berada di Kampung Godebag terendam banjir setinggi 50 sentimeter hingga 1 meter dan mereka masih tetap bertahan dalam kondisi banjir, tetapi kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Akan tetapi, jalur lalu lintas dari Panumbangan, Kabupaten Ciamis menuju Pagerageung, Tasikmalaya sementara terputus.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Dede Sudrajat mengatakan, hujan deras yang terjadi sejak malam telah mengakibatkan Sungai Citanduy dan Ciwalen meluap menggenangi ratusan rumah dengan ketinggian air rata-rata antara 50 sentimeter, hingga 1 meter. Namun, warga masih tetap bertahan di rumahnya dan mereka tidak mau dievakuasi ke lokasi yang lebih aman tapi ada sebagian mengungsi ke rumah saudaranya.

Baca juga : Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai di Tasikmalaya

"Ketinggian air yang terjadi di tiga Kampung itu antara 50 sentimeter 1 meter di Kampung Godebag, Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pagerageung hingga menyebabkan jalur lalu lintas dari Panumbangan, Kabupaten Ciamis menuju Pagerageung, Tasikmalaya sementara terputus," katanya, Selasa (9/4/2024).

Sementara itu, Kapolsek Pagerageung AKP Asep Saefullah mengatakan, hujan deras yang terjadi sejak beberapa hari telah menyebabkan aliran Sungai Citanduy dan Ciwelan meluap meredam ratusan rumah berada di Kampung Godebag, Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pagerageung. Akan tetapi, banjir juga telah menyebabkan jalur lalu lintas Panumbangan, Kabupaten Ciamis menuju Pagerageung, tidak bisa dilalui.

"Luapan Sungai Citanduy dan Ciwalen yang terjadi menyebabkan ratusan rumah berada di Kampung Godebag terendam banjir setinggi 30 hingga 1 meter dan memutuskan jalur lalu lintas dari Panumbangan, Kabupaten Ciamis menuju Pagerageung, Tasikmalaya. Kondisi, sekarang air secara bertahap menyusut dan arus lalu lintas juga sudah mulai dilewati oleh kendaraan," paparnya. (AD/Z-7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat