visitaaponce.com

Menhub Budi Karya Minta ASDP Siapkan Rencana Cadangan saat Puncak Arus Balik

Menhub Budi Karya Minta ASDP Siapkan Rencana Cadangan saat Puncak Arus Balik
Sejumlah kendaraan mengantre di pintu masuk (tol gate) Pelabuhan Bakauheni, Lampung.(Antara)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menugaskan PT ASDP membuat rencana cadangan dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi, terutama untuk memitigasi kemacetan menuju pelabuhan saat puncak arus balik. Langkah itu diperlukan agar pergerakan kendaraan menjadi lancar.

Ia juga menginstruksikan supaya Surat Perintah Berlayar (SPB) kapal dapat dikeluarkan segera saat dibutuhkan.

"Intinya, keterpaduan dari regulator, operator dan aparat. Saya pikir komandonya di tangan Kapolda dan Gubernur Lampung. Jika ada operator dan regulator yang tidak cekatan bisa ditegur agar pola operasinya lebih baik. Kita berharap mudik ceria, aman dan selamat ini bisa terwujud," ujar Budi.

Baca juga : Puncak Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni Diprediksi 13-14 April

Selain itu ia juga akan memaksimalkan Pelabuhan Panjang. Tiga kapal dari pelabuhan tersebut akan dioperasikan dengan keberangkatan pukul 12.00, 14.00 dan 16.00 WIB.

"Bagi masyarakat yang tinggal di Bandar Lampung, tentunya lebih efisien dari pelabuhan ini sehingga tidak perlu ke Bakauheni," imbuhnya.

Menhub juga mengingatkan bahwa truk tiga sumbu tidak boleh beroperasi selama arus balik. Truk dianggap berpotensi mengganggu perjalanan dan sulit dikendalikan saat rekayasa lalu lintas. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat