visitaaponce.com

1.439 Gempa Vulkanik Dalam Terjadi Selama Erupsi Gunung Ruang

1.439 Gempa Vulkanik Dalam Terjadi Selama Erupsi Gunung Ruang
PVMBG mencatat sebanyak 1.439 gempa vulkanik dalam terjadi selama erupsi Gunung Ruang, Sulawesi Utara.(Metro TV)

TIM Kerja Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan aktivitas vulkanik Gunung Ruang, Sulawesi Utara, saat ini terus meningkat. Tercatat telah terjadi 1.439 kali gempa vulkanik dalam (VTA), 569 kali gempa vulkanik dangkal (VTB) selama periode 1-17 April 2024.

Masyarakat diminta untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 6 kilometer (km) dari puncak untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

"Pos Pengamatan Gunung Ruang mencatat telah terjadi 1.439 kali gempa VTA, 569 kali gempa VTB, 6 kali gempa tektonik lokal, dan 167 kali gempa tektonik jauh serta gempa terasa empat ribu kali dengan skala MMI atau skala mercalli," ujar Ketua Tim Kerja Pengamatan Gunung Api Heruningtyas dalam keterangan resmi, Kamis (18/4).

Baca juga : 3 Gunung Berapi Tunjukkan Aktivitas

Ia menyebut jumlah kejadian gempa vulkanik dalam meningkat signifikan disertai getaran tremor vulkanik menerus dengan amplitudo overscale. Hal ini menandakan masih terus terjadi proses peretakan batuan disertai migrasi magma dari reservoir magma dalam ke permukaan dalam bentuk erupsi eksplosif berselingan dengan erupsi efusif (aliran lava).

Heruningtyas menginformasikan, sejak Rabu, 17 April 2024 pukul 20.39 WITA, stasiun pengamatan Gunung Ruang mengalami kerusakan dan jaringan listrik mati akibat erupsi.

"Kejadian erupsi yang terjadi tadi malam menyebabkan peralatan kami tidak dapat berfungsi, sehingga kami tidak dapat melakukan perekaman lagi," ujar Heruningtyas.

Berdasarkan laporan yang diterima Heruningtyas pada pukul 02:00 WITA dini hari masih terjadi hujan abu dan juga secara visual terlihat adanya endapan awan panas yang berada di area Gunung Ruang yang terlihat dari sisi tepi Pulau Tanggulandang. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat