visitaaponce.com

Waspada Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur Erupsi Kembali

Waspada! Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur Erupsi Kembali
Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT Flores erupsi(Antara)

GUNUNG Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, kembali erupsi pada Senin (22/4) pukul 10.46 Wita.

Doris Rihi, Penjabat Bupati Flores Timur, menyatakan bahwa tinggi kolom abu tidak teramati secara langsung. "Erupsi ini tercatat dalam seismogram dengan amplitudo maksimum 1.4 mm dan durasi sekitar 2 menit 56 detik," ujarnya, mengutip laporan dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Dalam konteks erupsi ini, masyarakat yang tinggal di sekitar kaki gunung telah diimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius dua kilometer dari pusat erupsi, dan dalam radius tiga kilometer di arah utara-timur laut, serta lima kilometer di sektor timur laut.

Meskipun Gunung Lewotobi Laki-Laki masih berstatus waspada atau Level II, Doris Rihi menegaskan bahwa masyarakat di sekitar gunung harus tetap waspada terhadap potensi banjir lahar hujan yang dapat terjadi di sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung, terutama saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Masyarakat yang terkena dampak hujan abu diimbau untuk menggunakan masker atau penutup hidung dan mulut guna menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat