visitaaponce.com

Parpol Jaring Bakal Calon Wali Kota Semarang

Parpol Jaring Bakal Calon Wali Kota Semarang
Ilustrasi - Partai politik di Semarang mulai menjaring bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk Pilkada 2024.(Antara)

PARTAI Politik di Kota Semarang mulai bersiap untuk mengusung bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang pada Pilkada 2024. Sejumlah nama kandidat mulai bermunculan baik itu dari kalangan politisi, birokrat, hingga pengusaha.

Pemantauan Media Indonesia Rabu (24/4), setidaknya ada 11 kandidat digadang-gadang maju untuk memperebutkan kursi Kota Semarang 1 tersebut.

Nama Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dinilai berpeluang duduk satu periode lagi. Namun ia beberapa kali mengatakan tidak berniat maju kembali. 

Baca juga : Yana Mulyana Mendapat Pesaing Kuat pada Pemilihan Wali Kota Bandung 2024

"Dengan berat hati saya akan fokus menyelesaikan tugas sebagai Wali Kota Semarang dan tidak berkeinginan maju lagi di pilkada mendatang," kata Hevearita.

Ke-11 nama yang beredar itu di antaranya Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Izwar Aminuddin, tokoh pemuda dan mantan pejabat HIPMI, KADIN, KONI hingga BAZNAS Kota Semarang Arnaz Agung Adrarasmara, dan Ketua DPRD Kota Semarang  Kadarlusaman.

Selain itu Politisi Partai Demokrat  juga annggota DPR RI dan CEP PSIS Semarang Yoyok Sukawi, Politisi Senior  PKB juga mantan Wali Kota Semarang Soemarmo, Sekdin Pemadam Kebakaran Kota Semarang Ade Bhakti Ariawan, istri anggota DPRD Jateng pada Pemilu 2024 Hendrar Prihadi, Krisseptiana, tokoh masyarakat Tionghoa Dewi Susilo Budiharjo dan Pengusaha Wanita (eksportir) Claudyna Chlastriningrum.

Baca juga : Calon Petahana Diusung Koalisi Gemuk

"Saya siap maju menjadi bakal calon Wali Kota Semarang, mereka yang tidak punya partai saja berani, apalagi saya yang sudah 15 tahun menjadi kader partai," kata politisi senior PDIP yang juga Ketua DPRD Kota Semarang pada periode 2014-2019 Supriyadi.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Semarang Wahyoe Winarto mengatakan pada pemilu 2024 hanya memiliki enam kursi, namun partai ini siap mengusung calon sendiri, apalagi ada calon potensial seperti Yoyok Sukawi. 

"Untuk memenuhi persyaratan Partai Demokrat siap berkoalisi," imbuhnya.

Baca juga : Mengawal Pilkada Serentak 2024

Sementara itu Ketua DPC PDIP Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan untuk mendapatkan bakal calon di Pilkada Kota Semarang, DPC PDIP Kota Semarang akan membuka penjaringan atau pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilwalkot Semarang 2024 pada 2-11 Mei.

PDIP Semarang memenuhi ambang batas 20% dari 50 kursi di DPRD, namun Hendrar mengungkapkan akan membuka pintu koalisi dengan partai politik lain. 

"Sudah ada  siap mengajukan diri untuk maju sebagai calon wali kota maupun calon wakil walikota Semarang melalui PDIP," ujarnya.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Semarang Heri Pudyatmoko juga mengatakan telah membentuk desk pilkada untuk mulai melakukan persiapan tahapan pesta demokrasi di Kota Semarang, bahkan besutan Capres terpilih Prabowo Subianto sudah melakukan penjaringan calon secara tertutup. (Z-3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat