visitaaponce.com

Kalsel Siap Menjadi Gerbang Logistik untuk Pembangunan Kawasan Regional Kalimantan

Kalsel Siap Menjadi Gerbang Logistik untuk Pembangunan Kawasan Regional Kalimantan
Kalsel menegaskan kesiapannya sebagai gerbang logistik yang vital untuk peningkatan pembangunan kawasan regional Kalimantan dan IKN(MI/Denny)

PROVINSI Kalimantan Selatan siap menjadi gerbang logistik bagi peningkatan pembangunan kawasan regional Kalimantan dan ibu kota negara (IKN) Nusantara.

Hal ini menjadi pokok bahasan utama dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tingkat Provinsi tahun 2025 di Banjarbaru, beberapa waktu lalu. 

"Kalsel tengah menyusun perencanaan pembangunan secara terpadu, terintegrasi dan selaras, antara pembangunan nasional dan pembangunan di daerah, dalam rangka mewujudkan Kalsel sebagai gerbang logistik di wilayah Kalimantan," kata Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Minggu (28/4).

Baca juga : MPXL Bidik Pertumbuhan Kinerja di Awal 2024 dan Berfokus pada Pemilu

Perencanaan pembangunan dimaksud harus berbasis spasial dan berisi permasalahan penting. Di mana meliputi kondisi daya saing sumber daya manusia, pondasi perekonomian berbasis SDA terbarukan, pemerataan pembangunan infrastruktur dan perekonomian yang berkelanjutan berbasis kewilayahan. Kemudian pengelolaan lingkungan hidup berketahanan iklim dan ketahanan bencana, peningkatan tata kelola pemerintahan, serta pemenuhan infrastruktur dasar.

"Perencanaan pembangunan harus disusun berdasarkan data berkualitas, terukur dan terarah untuk penentuan pengambilan keputusan," kata Sahbirin. Selain itu, permasalahan dan isu-isu pembangunan harus diserap secara langsung dari rakyat dan dikolaborasikan dalam program dan kegiatan di masing-masing sektor pembangunan.

Dalam satu dekade terakhir, program pembangunan di Kalsel dinilai cukup berhasil. Di antaranya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indeks Kualitas Lingkungan (IKL) di atas nilai rata-rata nasional, pengurangan angka pengangguran menjadi 4,31%. Angka kemiskinan turun menjadi 4,29%, jauh di bawah rata-rata nasional, serta kesenjangan pembagian pendapatan atau Gini Rasio yang terus menurun.

Musrenbang RKPD Provinsi Kalsel 2025 mengusung tema Pemantapan Daya Saing Daerah dengan Peningkatan Kualitas Sarana Prasarana untuk Mendukung Kalsel sebagai Gerbang Logistik Kalimantan. (Z-3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat